Kami menggelontorkan biaya sebesar Rp32,34 miliar untuk mengalirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga di enam desa dan satu dusun di Alor
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mengalirkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan warga yang tersebar di enam desa di Kecamatan Pantar Barat, Kabupaten Alor.

"Kami menggelontorkan biaya sebesar Rp32,34 miliar untuk mengalirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga di enam desa dan satu dusun di Alor," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT I Gede Agung Sindu Putra dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin.

Ia menjelaskan, penyalaan listrik telah dilakukan kepada sebanyak 562 pelanggan PLN yang tersebar di enam desa yaitu Desa Beangonong, Desa Lamma, Desa Kayang, Desa Allumang, Desa Kalondama Barat, dan Desa Kalondama Tengah ​​​​​​serta di 1 dusun di Desa Leer.

Sindu Putra menjelaskan, untuk melistriki desa dan dusun tersebut, telah dibangun jaringan tegangan menengah sepanjang 36,01 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah 44,8 kms dan gardu distribusi sebanyak 7 unit gardu.

Ia mengapresiasi dukungan pemerintah daerah hingga tingkat, tokoh masyarakat, serta warga setempat dalam mendukung pelaksanaan pembangunan hingga listrik berhasil dialirkan ke rumah-rumah warga.

Sindu Putra mengajak warga agar memanfaatkan listrik PLN secara optimal terutama dalam menumbuhkan sektor ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Semoga listrik PLN ini digunakan secara positif dan produktif dan dapat meningkatkan taraf dan kualitas hidup warga," katanya.

Sementara itu, Bupati Alor Amon Djobo menyampaikan terima kasih kepada PLN NTT yang bisa menghadirkan listrik untuk warga di pelosok desa di Pulau Pantar.

"Meskipun lokasi cukup menantang namun ternyata tidak mengurangi semangat PLN untuk melistriki hingga ke pelosok desa," katanya.

Ia mengajak warga setempat agar tidak hanya menikmati listrik sebagai sumber penerangan namun juga bisa menggerakkan banyak hal lain yang bermanfaat untuk kesejahteraan.

"Mari kita gunakan listrik dengan bijak serta turut menjaganya dengan baik sehingga kedepannya bisa dimanfaatkan berkelanjutan dan lebih meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di sini," katanya.

Baca juga: PLN targetkan pengembangan PLTP Ulumbu di NTT hasilkan daya 40 MW
Baca juga: PLN NTT gandeng TNI AL manfaatkan FABA untuk bangun jalan di Sulamu

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023