Tesnya berbasis komputer dan dilakukan di rumah masing-masing dengan sistem pengawasan yang bisa mendeteksi segala macam indikasi kecurangan
Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur, menyediakan sebanyak 3.200 kuota bagi mahasiswa baru Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 2-11 Juli 2023.

"TMUBK ini merupakan salah satu kelompok tes penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri atau SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) 2023," kata Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr Sukarmin, M.Pd., di Surabaya, Senin.

Ia menjelaskan tesnya berbasis komputer dan dilakukan di rumah masing-masing dengan sistem pengawasan yang bisa mendeteksi segala macam indikasi kecurangan.

"Jalur ini punya kelebihan selain kuota tadi juga kemudahan tesnya yang bisa dilakukan di rumah sesuai jadwal yang ditentukan. Tesnya nanti tidak perlu datang ke kampus, tetapi bisa di mana saja asal ada kuota internet dan komputer sebagai perangkat utamanya," katanya.

Dia menambahkan, jenis tes ini menggunakan acuan UTBK. Dengan kata lain, calon mahasiswa dari sekolah dan jurusan apapun, entah itu IPA atau IPS mendapat bobot soal yang sama yakni ada TPA atau tes potensi akademik, literasi dan penalaran.

"Selain itu, kelulusan peserta ditentukan oleh nilai tes yang diperoleh," katanya.

Pada jalur mandiri ini, Unesa juga membuka jalur khusus disabilitas yang pendaftarannya juga dibuka sejak 2-11 Juli 2023.

Jalur ini diperuntukan khusus peserta disabilitas. Dengan kata lain, persaingannya tidak dicampur dengan peserta jalur umum, tetapi bersaing dengan sesama peserta disabilitas.

"Peserta jalur ini nanti akan melakukan tes tulis yang skemanya disesuaikan dengan kondisi peserta. Selain itu, juga ada tes wawancara yang akan dilakukan tim yang terdiri dari psikolog, akademisi dan jajaran Direktorat Disabilitas. Ini dilakukan untuk memastikan peserta memilih prodi yang pas untuk mereka, sesuai kemampuan dan minatnya," katanya.

Bagi peserta yang mendaftar Unesa jalur TMUBK bisa memantau informasi lebih lanjut pada laman, https://admisi.unesa.ac.id/. Informasi pendaftaran, ketentuan tes, termasuk jumlah hingga keketatan atau persaingan prodi tersedia di laman tersebut.

"Tetap semangat adik-adik pejuang masuk universitas. Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan semoga hasilnya nanti membawa adik-adik bertemu dengan kami di Unesa" demikian Sukarmin, yang juga dosen FMIPA Unesa itu.


Baca juga: 1.740 peserta ikuti UTBK-SNBT di Unesa

Baca juga: Untuk UTBK SNBT 2023, Unesa siapkan 9.010 unit komputer


Baca juga: Unesa sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur SNBT 2023

Baca juga: Unesa--TSUE Uzbekistan kerja sama tingkatkan kualitas lulusan


 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023