“Sudah ada 2.341 orang jamaah kita yang tiba di Aceh. Masih ada 2.212 lagi di Arab Saudi, Insya Allah, besok, Selasa (11/7) dini hari akan tiba juga jamaah dari kloter 7,"
Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebut sebanyak 2.212 orang peserta haji asal Aceh masih berada di Arab Saudi dan tengah menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air.

“Sudah ada 2.341 orang jamaah kita yang tiba di Aceh. Masih ada 2.212 lagi di Arab Saudi, Insya Allah, besok, Selasa (11/7) dini hari akan tiba juga jamaah dari kloter 7," kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan, jamaah yang baru tiba di Tanah Air yakni kelompok terbang (kloter) BTJ-06 sebanyak 388 orang. Mereka mendarat menggunakan pesawat Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar Senin (10/7) sekitar pukul 01.55 WIB.

Jamaah kloter BTJ-06 yang tiba di Tanah Air tersebut meliputi sebanyak 142 orang jamaah laki-laki dan 246 orang jamaah perempuan yang berasal dari Kabupaten Bireuen, Gayo Lues dan Kota Lhokseumawe.

Kata Azhari kloter BTJ-06 memberangkatkan sebanyak 390 orang peserta calon haji ke Tanah Suci. Namun, seorang peserta haji dari kloter itu asal dari Bireuen, Marzuki (70) meninggal dunia di Mekkah.

“Ada tiga jamaah lagi yang tidak pulang bersama kloter 06-BTJ yaitu Rohani Ibrahim Umar dan Muhammad Yunus dari Bireuen, ditunda pulang karena masih dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah. Sementara Hasan Abdul Muthalib sudah pulang bersama kloter 05-BTJ,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Azhari, terdapat dua peserta haji dari kloter BTJ-07 yang mutasi masuk dan pulang dengan kloter BTJ-06, yakni Salma Muhammad Adamy dan Yusniar Nurdin Puteh asal Bireuen.

"Salma dan Yusniar seharusnya berangkat ke Arab Saudi bersama kloter 6, tapi ditunda karena sakit, lalu diberangkatkan bersama kloter 7," kata Azhari.

Menurut Azhari sebanyak 2.341 jamaah haji yang sudah kembali ke Tanah Rencong itu masing-masing sebanyak 392 peserta haji kloter BTJ-01, kloter BTJ-02 dan kloter BTJ-03, kemudian jamaah BTJ-04 sebanyak 386, kemudian sebanyak 391 orang jamaah kloter BTJ-05 dan 388 jamaah kloter BTJ-06.

Selain itu, Koordinator Pelayanan Kesehatan PPPIH Debarkasi Aceh Koesiendrina Marina Dewi mengatakan tidak ada jamaah dari kloter BTJ-06 yang dirujuk harus dirujuk ke rumah sakit saat kedatangan.

Tapi, kata dia, terdapat beberapa peserta haji yang harus menjalani perawatan di klinik kesehatan asrama haji untuk observasi.

"Alhamdulillah, jemaah kloter 6 tidak ada yang kita rujuk ke rumah sakit, hanya beberapa jamaah kita rawat di klinik asrama haji untuk observasi," ujarnya.

Saat ini, kata dia, ada satu orang peserta haji Aceh dari kloter BTJ-05 yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin sejak Minggu (9/7) kemarin, dan masih dalam perawatan medis.
Baca juga: PPIH: Empat kloter jamaah haji Aceh telah kembali di Tanah Rencong
Baca juga: Jamaah haji kloter dua tiba di Aceh, dua orang tertunda karena sakit
Baca juga: 392 peserta haji Aceh kloter pertama tiba di Tanah Air

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023