Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh menyebutkan sebanyak empat kelompok terbang (kloter) jamaah haji Aceh telah tiba di Tanah Rencong dengan total peserta haji sebanyak 1.562 orang.

"Terakhir, 386 jamaah haji Aceh yang tergabung dalam Kloter 04-BTJ tiba di Banda Aceh, pada Sabtu (8/7) sekitar pukul 04.26 WIB," kata Ketua PPIH Embarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan pesawat Boeing 777-300ER milik maskapai Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah haji Aceh itu mendarat di Tanah Air melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Pesawat itu mengangkut sebanyak 165 peserta haji laki-laki dan 221 peserta hajah perempuan yang berasal dari Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, dan Aceh Utara.

Baca juga: Jamaah haji kloter dua tiba di Aceh, dua orang tertunda karena sakit

Baca juga: Lagi, anggota jamaah haji asal Lhokseumawe meninggal dunia di Madinah


Sebelumnya, Azhari mengatakan, kloter 04-BTJ berangkat ke Arab Saudi sebanyak 387 peserta haji.

Namun, tiga peserta haji asal Lhokseumawe dalam kloter itu meninggal dunia di Arab Saudi, yakni Muhammad Yusuf Dadeh (70), Hamdani (55) dan Rajunnah Puteh (77).

Selain itu, kata Azhari, ada seorang haji Aceh yang ditunda pulang ke Tanah Air bersama Kloter 04-BTJ karena masih dalam perawatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, yaitu Mardani asal Pidie.

Ada juga anggota Kloter 4, Faridah Hanum asal Aceh Barat yang sudah pulang lebih dulu bersama Kloter 03-BTJ.

"Ada empat haji yang mutasi masuk dan pulang bersama Kloter 04-BTJ, yaitu Anwar bin Usman Ali asal Pidie Jaya dan Al Marhamah asal Banda Aceh, Syamsiah Hanafiah asal Pidie, dan Halimah Usman asal Lhokseumawe," ujarnya.

PPIH Embarkasi Aceh mencatat, saat ini sudah 1.562 peserta haji Aceh tiba di Tanah Air dari total 4.555 orang haji Aceh yang direncanakan akan pulang.

Pada musim haji tahun ini, PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan peserta haji Aceh ke Tanah Suci sebanyak 4.561 orang beserta petugas. Kemudian, delapan orang meninggal dunia, dua orang mutasi masuk antar-embarkasi, sehingga peserta haji yang akan pulang sebanyak 4.555 orang.*

Baca juga: 392 peserta haji Aceh kloter pertama tiba di Tanah Air

Baca juga: Kloter pertama haji Aceh dijadwalkan tiba di Tanah Air Rabu dini hari

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023