Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (10/7) menjadi sorotan, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima berkas perbaikan dari partai politik untuk bakal calon anggota legislatif (caleg) yang mereka daftarkan sampai isu Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar yang dibantah langsung oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:


1. KPU terima berkas perbaikan bakal caleg DPR dari semua parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima dokumen perbaikan persyaratan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari seluruh partai politik peserta Pemilu 2024.

"Di KPU Pusat ini, (yang diterima) adalah dokumen persyaratan bakal calon anggota DPR RI untuk perbaikan. Alhamdulillah, sampai dengan batas waktu yang ditentukan, dari 18 parpol peserta Pemilu 2024 sudah menyiapkan semua dokumen perbaikan syarat sesuai dengan hasil verifikasi di tahap pertama," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

2. Hasto bantah isu Effendi Simbolon pindah partai politik

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membantah isu terkait dengan politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon yang akan pindah ke partai lain.

"Terkait dengan isu-isu Pak Effendi mau ke partai lain, itu juga sama sekali tidak benar," ujar Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

3. Airlangga Hartarto nyatakan tidak ada rencana Munaslub Golkar

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan tidak ada rencana musyawarah nasional luar biasa (munaslub) partainya untuk menentukan figur baru sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden dari partai berlambang beringin itu.

"Tidak ada, agendanya bukan itu," kata Airlangga di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

4. Dasco beberkan pembicaraan tertutup Prabowo dengan Muhaimin

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membeberkan isi pembicaraan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar secara tertutup di Jakarta, Minggu (9/7).

"Banyak hal yang dibicarakan, yang pertama mengenai permasalahan utama, mengenai penyelenggaraan ibadah haji, bagaimana yang sekarang dan ke depan," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

5. Sekjen PDIP temui Mensesneg bahas politik kebangsaan

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Mensesneg, Jakarta, Senin, dan membahas hal-hal terkait politik kebangsaan.

“(Membahas) politik kebangsaan untuk visi, masa depan bangsa dan negara yang kami bahas secara bersama-sama,” kata Hasto usai pertemuan di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023