Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi, Apple, digadang-gadang tengah menyiapkan produk iMac teranyarnya dibekali dengan chip M3.

Kabar iMac dengan chip M3 pertama kali diungkap oleh jurnalis Mark Gurman dari Bloomberg yang memang kerap kali membocorkan informasi teknologi secara tepat. Dalam laporan GSM Arena, Senin (10/7), Apple terakhir kali memperkenalkan  iMac pada 2021 dan perangkat itu masih menggunakan dengan chip M1.

Chip M3 yang disiapkan untuk iMac akan dibangun dengan ukuran 3 nm, berbeda dengan dua generasi sebelumnya yaitu M1 dan M2 yang dibangun dengan arsitektur 5 nm.

Untuk ukuran layar, iMac dengan chip M3 itu diperkirakan akan tetap memiliki ukuran yang sama yakni 24 inci. Di samping itu, Apple juga tengah mengembangkan iMac dengan layar lebih lebar yaitu 32 inci dengan panel layar LCD.

Untuk iMac 32 inci itu disiapkan mengisi segmen pasar kelas atas menawarkan kualitas yang mirip dengan Apple Pro Display XDR. Resolusi yang ditawarkan berukuran 6K dengan perbandingan 16:9 dan warna 10-bit.

Baca juga: Apple luncurkan iMac dan iPad Pro chip M1

Jika dibandingkan dengan iMac 24 inci yang saat ini beredar di pasaran dengan resolusi 4.5K, resolusi untuk layar 32 inci tersebut lebih tinggi.

Namun, iMac 32 inci tidak akan tersedia dalam waktu dekat karena proses desain baru saja dimulai. Prediksi saat ini adalah produk tersebut baru meluncur akhir 2024 atau bahkan 2025.

Sementara untuk iMac 24 inci dengan chip M3 akan rilis lebih dulu di awal tahun depan.

Baca juga: Apple tengah siapkan sembilan laptop dengan prosesor M2 terbarunya

Baca juga: Semua varian iPhone 15 dikabarkan memiliki baterai lebih besar

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023