Jakarta (ANTARA) - Indonesia Network Operators Group (IDNOG) akan segera menggelar acara “Workshop and Conference ke-8” atau IDNOG’08 untuk membahas jalan menuju jaringan digital yang lebih aman.

“Kami sangat bersemangat untuk menyelenggarakan IDNOG 'Workshop and Conference ke-8' ini untuk mengumpulkan para narasumber dan insinyur terbaik di industri jaringan. Ini akan menjadi dorongan berbagi pengetahuan, kolaborasi, dan inovasi, membawa kita menuju masa depan digital yang lebih aman dan terlindungi,” kata Ketua IDNOG Rommy Kuntoro melalui siaran pers, Selasa.

Bertempat di Rafflesia Hotel Jakarta Ciputra World, IDNOG'08 akan diadakan selama empat hari, yakni mulai tanggal 24 - 27 Juli 2023. Rangkaian acara akan diisi oleh beragam lokakarya atau pelatihan dari narasumber ahli di bidang TI, yakni APNIC dengan fokus diskusi “BGP Security,” ARISTA Network dengan topik “VXLAN EVPB For Data Center Network,” INNO Instrument dengan “Fibre Optic Installation and Testing,” Rujie dengan “Rujie Cloud Architecture and Infrastructure,” dan Grandstream dengan “GCP GWN.”

Selain lokakarya, IDNOG’08 juga akan menggelar sesi bincang-bincang bertema keamanan siber bersama beberapa narasumber ahli. Narasumber ahli tersebut, antara lain Ketua Digital Business Peruri Farah Fitria Rahmayanti, Ketua Forum Keamanan Siber dan Informasi Gildas Alvin Deograt, Pemimpin di Shandi Guna Martianus Frederic Ezerman, Wakil bidang Operasi CSIRT.ID M. Salahuddien Manggalany, serta Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan.

Diskusi dalam bincang-bincang tersebut akan membahas kemajuan terbaru dalam keamanan jaringan, yakni praktik terbaik untuk mencegah ancaman siber dan strategi untuk melindungi infrastruktur kritikal atau penting. Melalui acara tersebut, peserta dapat memperoleh pengalaman dan menghadapi tantangan di era Artificial Intelligence (AI) serta berlakunya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Acara IDNOG’08 terbuka bagi para insinyur jaringan, praktisi TI, pemimpin industri, dan orang yang tertarik dengan jaringan internet.

Baca juga: IDNOG tingkatkan keahlian engineer jaringan Indonesia lewat lokakarya

Baca juga: NTT Ltd gandeng Palo Alto untuk solusi jaringan keamanan

Baca juga: Kenali ancaman teknologi AI bagi keamanan siber perusahaan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023