Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2023 melanjutkan program subsidi ongkos angkut penumpang dan barang ke daerah pedalaman dan perbatasan di wilayahnya. 

Pada tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengalokasikan dana Rp15,5 miliar untuk Program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) penumpang dan barang bagi masyarakat pedalaman dan perbatasan dengan perincian Rp7,5 miliar untuk SOA penumpang dan Rp8 miliar untuk SOA barang.

Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang menandai peluncuran Program SOA Tahun 2023 dengan melepas penerbangan pesawat Caravan/C208 B-EX rute Tarakan-Long Ampung dan rute Tarakan-Long Bawan di Bandar Udara Juwata, Kota Tarakan, Selasa.

"Alhamdulillah hari ini SOA penumpang maupun barang bagi masyarakat Kaltara, khususnya yang tinggal di wilayah perbatasan dan pedalaman, sudah bisa dinikmati," kata Gubernur.

"Dengan subsidi ini, harga tiket menjadi lebih murah dan harga barang akan sama seperti harga distributor," katanya.

SOA penumpang tahun 2023 meliputi rute Tanjung Selor-Mahak Baru, Tanjung Selor-Long Pujungan, Tanjung Selor-Long Alango, Tanjung Selor-Long Ampung, Tarakan-Long Layu, Tarakan-Long Bawan, Tarakan-Long Ampung, Nunukan-Long Layu, Nunukan-Binuang, Malinau-Long Bawan, dan Malinau-Binuang.

Adapun SOA barang mencakup pengangkutan barang-barang kebutuhan pokok dengan berat maksimal 1.200 kg ke Krayan, Lumbis, Sei-Menggaris, Pujungan, Bahau Hulu, Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Long Ampung, dan Apau Kayan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara memberikan subsidi ongkos angkut barang untuk membantu pengangkutan barang kebutuhan pokok masyarakat yang dibeli dari kota untuk dijual di desa-desa pedalaman dalam upaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di daerah pedalaman maupun perbatasan.

Sedangkan subsidi ongkos angkut penumpang disediakan untuk membantu warga mengakses pelayanan penerbangan perintis ke daerah pedalaman dan perbatasan maupun sebaliknya.

Pada tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengalokasikan dana Rp8,6 miliar untuk program subsidi ongkos angkut barang.

Program SOA 2022 mencakup 14 daerah pedalaman dan perbatasan di wilayah Kabupaten Malinau dan Nunukan, yakni Mentarang Hulu, Sungai Tubu, Kayan Hulu, Pujungan, Bahau Hulu, Lumbis Hulu, Lumbis Pensiangan, Lumbis Ogong, Tulin Onsoi, Sei Menggaris, Sebakis, Krayan, Sungai Boh, dan Kayan Hilir.

Sedangkan alokasi dana pemerintah provinsi untuk program subsidi ongkos angkut penumpang tahun 2022 sebanyak Rp5 miliar.

Subsidi ongkos angkut penumpang tahun 2022 mencakup penerbangan dari Tanjung Selor dan Tarakan ke daerah pedalaman dan perbatasan seperti Long Bawan, Long Apung, Mahak Baru, Long Alango, Pujungan, Long Sule, dan Data Dian.

Baca juga:
Subsidi ongkos angkut tekan disparitas harga di pedalaman Kaltara
​​​​​​​
Gubernur Kaltara: Subsidi ongkos angkut barang ke pedalaman berjalan

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023