Tujuannya untuk mengurangi dampak negatif, stres, trauma, atau situasi sulit lain
Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat memberikan kegiatan penyembuhan trauma bagi seratus orang penyintas kebakaran di RW 05 dan 07, Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat, Selasa.

PMI Jakarta Barat bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Suku Dinas Sosial, Pemberdayaan, Pelindungan anak dan pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Barat dalam kegiatan penyembuhan trauma di tenda BPBD DKI Jakarta di SDN Duri Utara 01-06.

"Kegiatan penyembuhan trauma (trauma healing) ini diikuti 100 peserta penyintas kebakaran terdiri atas 50 anak-anak dan 50 dewasa," kata Sekretaris PMI Kota Jakarta Barat, Ujang Sungkawa saat ditemui wartawan di lokasi kebakaran, Selasa.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, dilakukan sebagai bentuk dukungan psikososial terhadap penyintas kebakaran yang saat ini ditampung di lokasi pengungsian.

"Tujuannya untuk mengurangi dampak negatif, stres, trauma, atau situasi sulit lain dan mencegah timbulnya gangguan mental yang lebih buruk," ungkapnya.

Ia mengatakan dalam penyembuhan trauma tersebut, kelompok anak-anak dan kelompok dewasa mendapatkan perlakuan yang berbeda, sesuai dengan standar penyembuhan trauma pada masing-masing kelompok usia tersebut.

"Untuk anak-anak dengan bimbingan personel gabungan, melakukan kegiatan bersifat kreatif ekspresif, yaitu bernyanyi, mewarnai gambar dan menggambar, tebak-tebakan dan lain sebagainya. Dan untuk orang dewasa relaksasi dan meditasi, pengisian tes SRQ (Tes kesehatan mental), olahraga dan bernyanyi bersama," ungkap dia.

Ia berharap dengan adanya kegiatan dukungan psikososial para pengungsi kelompok rentan khususnya anak-anak dan lansia dapat pulih dari sisi psikologis dari bayang bayang musibah yang sedang mereka alami.

Farida (10) penyintas kebakaran warga RT 05/07 Kelurahan Duri Utara mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Sebab, bersama teman-temannya dapat kumpul bermain bersama dan mengerjakan tugas yang diberikan petugas relawan dari PMI, BPBD, dan lainnya.

"Saya senang ikut kegiatan ini karena dapat kumpul dan bermain bersama teman-teman," ucap dia.
Baca juga: Damkar Jakbar padamkan kebakaran satu rumah tinggal di Jalan Pelita
Baca juga: Pemkot Jakbar imbau warga cek kondisi kabel listrik cegah kebakaran
Baca juga: Kebakaran di Jakbar, dua orang tewas usai lompat dari lantai tiga

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023