Jakarta (ANTARA) - Psikolog sekaligus figur publik Caca Tengker mengakui dirinya bukan pribadi yang sempurna salah satunya untuk urusan waktu penggunaan gawai menjelang tidur.
 
"Aku sering diingatkan anak aku loh, sebelum tidur kenapa main Instagram. Walaupun aku cerita, berbagi bukan berarti aku enggak pernah melakukan kesalahan," kata dia di Jakarta, Selasa.
 
Caca mengatakan usai diingatkan pada kesalahan itu, dia lalu meminta maaf pada buah hatinya. Ini juga bisa menjadi pelajaran bagi sang anak tentang batas waktu pemakaian gawai.
 
"Jadi nonton atau main ada waktunya. Kalau anak-anak aku di hari Minggu (main gawai). Boleh tetapi sesudah makan, 10 menit misalnya," kata Caca.
Caca mengatakan juga menyempatkan waktu menonton bersama anak lalu membahas tontonan setelahnya. Ini menjadi cara bagi dia menemani anak berkegiatan.
 
Menurut dia, gawai bukan sesuatu yang harus dihindari terlebih piranti elektronik itu semakin lama semakin berkembang.
 
"Gawai positifnya ada, negatifnya ada. Mau suruh anak jauh-jauh dari gawai, memang ibunya sudah bisa? Kita juga enggak bisa lepas dari gawai. Tapi bukan salah gawainya tetapi bagaimana kita sebagai penggunanya," demikian kata Caca.

Selain soal gawai, Caca juga membahas tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak yang merupakan prioritas dirinya.

Selain melindungi kesehatan fisik anak, dia dan suami juga berusaha mendorong kreativitas dan imajinasi anak, termasuk dengan cara memberikan suasana menyenangkan bagi anak-anak lewat berbagai cara, salah satunya dengan bermain.

Baca juga: Caca Tengker jadi duta merek Ayam Kremes Pramesti

Baca juga: Caca Tengker pilih obat fitofarmaka untuk anak

Baca juga: Rumah harus jadi tempat paling aman dan nyaman bagi keluarga

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023