220 kami kasih teguran
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menjatuhkan sanksi tilang terhadap 37 pelanggar lalu lintas terdiri atas 23 tilang elektronik dan 14 tilang manual pada hari kedua Operasi Patuh Jaya 2023.

"Pada hari kedua ada 257 pelanggaran, dari jumlah itu 220 kami kasih teguran, sedangkan 37 lainnya kami tilang baik manual maupun elektronik (ETLE)," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Maulana Jali Karepesina di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut Maulana merinci pelanggaran yang ditilang yakni diantaranya  berkendara melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan gawai saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI (standar nasional Indonesia), pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk saat berkendara, melebihi batas kecepatan, hingga pengendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM.

Selain itu, lanjut dia, sepeda motor yang berboncengan melebihi ketentuan, kendaraan tidak layak jalan, kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan yang standar, hingga kendaraan yang tidak dilengkapi STNK juga menjadi sasaran.

"Kami juga akan menindak pengendara yang melanggar marka atau bahu jalan, kendaraan yang memasang rotator atau sirene, hingga kendaraan yang menggunakan pelat berhuruf akhir RFS atau RFP yang tidak sesuai peruntukan," ungkap dia.

Maulana meminta masyarakat untuk menaati segala aturan dalam berlalu lintas demi keselamatan bersama.

“Dalam berkendaraan kita harus bertanggung jawab terhadap keselamatan diri kita dan orang lain yang ada di sekitar kita,” tutup dia.

Sebelumnya, pada pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2023 hari pertama, Senin (10/7), Polres Jakarta Barat melakukan edukasi kepada masyarakat yang melintas diantaranya di lampu lalu lintas Tomang, Grogol, Cengkareng,  Slipi, dan Harmoni.

"Kami berikan edukasi kepada masyarakat dengan pemasangan spanduk dan juga pembagian pamflet kepada sejumlah pengendara kendaraan yang melintas terkait adanya Operasi Patuh Jaya 2023," ungkap dia.
Baca juga: Polres Jaksel tindak lima pelanggar di perempatan Prapanca Raya
Baca juga: Polda Metro Jaya fokuskan Operasi Patuh Jaya 2023 di jalan protokol
Baca juga: Kapolda Metro Jaya imbau masyarakat selalu cek perlengkapan kendaraan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023