Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan bertemu dengan anggota Parlemen Jepang Fukuda Tatsuo dan membahas banyak hal untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Jepang.
 
Sjarifuddin berharap pertemuan yang digelar di Ruang Kerja Pimpinan, Lt. 7, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (11/7) dapat meningkatkan hubungan kedua negara dalam berbagai bidang.

“Kita harap demikian,” ujar Sjarifuddin usai pertemuan tersebut, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Sjarifuddin mendorong banyak orang Indonesia untuk melancong ke Jepang. Tidak hanya untuk menimba ilmu atau studi banding, tetapi juga bekerja karena, menurutnya, negeri matahari terbit itu unggul dalam segi teknologi.
 
Selain itu, Wakil Ketua MPR juga berharap agar produk-produk dari Indonesia banyak diekspor ke Jepang. Menurutnya, seluruh keinginan tersebut sangat bisa direalisasikan karena Indonesia dan Jepang memiliki berbagai kesamaan.
 
“Persamaan dalam segi budaya," imbuhnya.
 
Lebih lanjut, Sjarifuddin mengatakan bahwa Fukuda Tatsuo juga mendukung meningkatnya hubungan kedua negara dalam berbagai sektor.
 
Bahkan, tambah dia, dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait kemungkinan dijalinnya kerja sama di bidang militer antara kedua negara.
 
“Tidak menutup kemungkinan kerja sama di bidang itu (militer) dilakukan," ungkap Sjarifuddin.

Turut hadir dalam pertemuan antara Sjarifuddin Hasan dan Fukuda Tatsuo itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah, serta sekretaris dan tenaga ahli dari kedua belah pihak.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Perlu ada pendampingan TKI di Jepang

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Generasi muda Indonesia perlu belajar dari Jepang

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023