Penelitian kesehatan ibu hamil dengan menghasilkan intervensi dapat membantu peningkatan sektor rata-rata kesejahteraan psikologis ibu hamil sebesar 12,17 dan memiliki efek intervensi sebesar 3,184
Tangerang (ANTARA) - Dosen Program Studi DIII Kebidanan Universitas Yatsi Madani Lastri, Mei Winarni, S.ST., M.Keb meraih gelar Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Gelar doktor tersebut diraih setelah menjalani penelitian yang mengangkat topik kesehatan ibu hamil dengan menghasilkan intervensi Kelas Ibu Hamil Terintegrasi (LASTRI) yang menggabungkan aspek fisik, psikologis, dan sosial dalam memberikan paket edukasi untuk dapat disampaikan oleh bidan di kelas ibu hamil.

Dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Senin, (10/7) di Ketuai oleh Prof. Dr. drg. Wachyu Sulistiadi, MARS, dengan Ketua Tim Penguji Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog, dan Para penguji yang terdiri dari Dr. dr. Fidiansyah, Sp.KJ., Dr. Jubaedah, S.ST., MM., MKM, Dr. Risatianti Kolopaking, M.Si., Psikolog, dan Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D serta Promotor Dr. Dra Rita Damayanti, MSPH dan Kopromotor Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc dan Prof. Dr. Ytai Afiyanti, MN.

Penelitian kesehatan ibu hamil dengan menghasilkan intervensi dapat membantu peningkatan sektor rata-rata kesejahteraan psikologis ibu hamil sebesar 12,17 dan memiliki efek intervensi sebesar 3,184.

Keberhasilan intervensi LASTRI dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis ibu hamil didukung oleh pendekatan yang dipilih dalam pengembangan intervensi melalui behavior centered design (BCD) yang mengutamakan perubahan perilaku yang menggabungkan drives (dorongan), emotions (emosi), dan interest (ketertarikan).

Wujud dari aplikasi pendekatan BCD ini diimplementasikan sebagai emotional demonstration (emodemo) dalam kelas ibu hamil. Strategi ini membantu merubah struktur kegiatan kelas ibu hamil, yang pada awalnya berupa ceramah tanya jawab menjadi kegiatan psikoedukasi, reevaluasi, dan penunjukkan kinerja. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Panduan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Terintegrasi bagi bidan dan Buku Sehat dan Bahagia bagi ibu hamil.

Intervensi LASTRI ini juga membantu peningkatan skor pengetahuan ibu, sikap ibu, perilaku ibu serta menurunkan stress ibu selama kehamilannya. Hal ini disebabkan karena intervensi LASTRI mendorong partisipasi ibu hamil dalam membaca, menulis, diskusi serta melakukan permainan yang mendukung keenam dimensi kesejahteraan psikologis.

Keenam dimensi tersebut adalah penerimaan diri, kemampuan membangun hubungan yang positif dengan orang lain, penguatan otonomi, penguasaan lingkungan, memiliki tujuan hidup dan pertumbuhan diri. Ketika keenam dimensi tersebut mendapatkan skor yang tinggi maka hal tersebut dapat mendorong kesejahteraan psikologis ibu hamil menjadi baik.

Kesejahteraan psikologis ini menjadi salah satu faktor protektif yang dapat membantu ibu mencegah depresi antenatal, mendorong perilaku positif selama kehamilan, membantu menurunkan stress, meningkatkan kualitas hidup ibu, dan membantu ibu merasa lebih bahagia selama kehamilannya.

Oleh karena itu kesejahteraan psikologis menjadi komponen penting untuk menjaga kesehatan ibu selama hamil, mempersiapkan persalinan, serta masa nifas. Intervensi ini mendorong kesehatan ibu dan anak-anak calon generasi yang akan datang.

Baca juga: Guru besar Unpad minta orang tua cermati gejala anak alergi susu
Baca juga: Para guru besar soroti hilangnya "mandatory spending" di RUU Kesehatan
Baca juga: Pakar: Pasien antraks perlu dirawat dan diberikan antibiotik

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023