Di zona merahnya nanti dilakukan vaksinasi untuk semua ternak 100 persen
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan bahwa provinsi ini bakal menerima 10 ribu lebih dosis vaksin antraks dari Kementerian Pertanian.

"Bantuannya lebih dari 10 ribu dosis, kami belum tahu jumlah persisnya," kata Kepala DPKP DIY Sugeng Purwanto saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Sugeng, tambahan dosis vaksin antraks tersebut rencananya bakal diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kabupaten Gunungkidul pada Kamis (13/7).

"Kalau tidak ada perubahan (Mentan) akan menyerahkan bantuan vaksin langsung ke Gunungkidul," kata dia.

Baca juga: Badan Karantina deteksi dini penyakit antraks sapi Madura
Baca juga: Pemkab Trenggalek larang pembelian ternak dari daerah endemis antraks


Sementara Medik Veteriner Madya Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP DIY Agung Ludiro mengatakan sebelumnya DIY telah mengajukan tambahan vaksin antraks ke Kementan sebanyak 10.200 dosis.

Jumlah pengajuan itu mengacu total kebutuhan yang telah dipetakan masing-masing kabupaten di DIY dikurangi stok vaksin antraks yang saat ini sudah tersedia sebanyak 2.600 dosis.

"Kalau informasi dari pusat minimal sesuai dari yang kami minta, tetapi bisa saja mereka menyediakan lebih," kata Agung.

Menurut Agung, seluruh dosis vaksin yang nantinya diterima, harus dihabiskan dalam waktu enam bulan sebelum datang tambahan vaksin berikutnya dari pusat.

Ketentuan tersebut, kata dia, berlaku mengingat sebelumnya telah muncul kasus konfirmasi antraks di DIY, yakni di Dusun Jati, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

"Karena sudah ada kasus konfirmasi antraks maka vaksinasi dilakukan setiap enam bulan sekali atau satu tahun dua kali," kata dia.

Baca juga: Menkes: Antraks bukti kesehatan manusia dan hewan saling berhubungan
Baca juga: Gubernur Jateng instruksikan vaksinasi ternak cegah antraks


Untuk mencegah kasus antraks meluas, 10 ribu lebih dosis vaksin antraks dari Kementan tersebut bakal didistribusikan ke seluruh kabupaten di DIY. "Untuk Kota Yogyakarta kami masih diskusikan karena jumlah ternaknya tidak banyak," kata dia.

Menurut dia, khusus untuk Gunungkidul penyuntikan vaksin bakal dibagi dalam tiga lapis zona, yakni zona merah di Kecamatan Semanu, zona kuning untuk kecamatan yang berbatasan langsung dengan zona merah, dan zona hijau untuk kecamatan yang tidak berbatasan langsung.

"Di zona merahnya nanti dilakukan vaksinasi untuk semua ternak 100 persen, kemudian untuk zona kedua dan ketiga minimal 80 persen ternak," kata dia.

Sebelumnya, kasus antraks di Dusun Jati, Candirejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul mengakibatkan satu orang meninggal dunia dengan status positif antraks dan 87 orang suspek.

Berdasarkan data DPKP DIY tercatat total 12 hewan ternak yang mati akibat antraks di Dusun Jati terdiri atas enam ekor sapi dan enam ekor kambing sejak April 2023.

Baca juga: Bakteri resisten cuaca, pakar ingatkan kaji efektivitas vaksin antraks
Baca juga: Kemenkes minta masyarakat waspadai empat tipe antraks pada manusia


 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023