Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu (12/7), pemerintah menyampaikan bahwa haluan anggaran kesehatan diubah menjadi berbasis kinerja, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan program pelatihan, dan Presiden Joko Widodo mengunjungi Galeri Nyoman Nuarta guna meninjau pengerjaan proyek untuk Ibu Kota Negara Nusantara.​​​​​​​

Selain itu, ada warta mengenai gempa di Pulau Sumba serta pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.
 
Pemerintah ubah haluan anggaran kesehatan
 
Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan bahwa pemerintah mengubah haluan anggaran kesehatan dari mandatory spending (belanja/pengeluaran negara yang sudah diatur oleh undang-undang) menjadi anggaran berbasis kinerja.

OIKN luncurkan program pelatihan

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan program pelatihan Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum untuk para ibu, remaja perempuan, dan penyandang disabilitas di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden tinjau Galeri Nyoman Nuarta
 
Presiden Joko Widodo meninjau Galeri Nyoman Nuarta yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, guna mengecek pengerjaan proyek untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. "Saya datang ke pabriknya Pak Nyoman Nuarta untuk memastikan bahwa pembangunan IKN utamanya Istana Presiden berjalan sesuai dengan waktunya," kata Presiden.

Gempa bermagnitudo 5,3 terjadi di Sumba Barat Daya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa aktivitas subduksi lempeng memicu terjadinya gempa tektonik dengan magnitudo 5,3 di Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu.

KSP minta pemda turun awasi pelaksanaan PPDB zonasi
 
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan bahwa pemerintah daerah (pemda) perlu turun ke lapangan untuk mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi guna mencegah terjadinya kecurangan.
 
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023