Minyak mentah berjangka Brent naik 6 sen menjadi diperdagangkan di 80,17 dolar AS per barel pada pukul 00.04 GMT
Singapura (ANTARA) - Harga minyak menguat di awal perdagangan Asia pada Kamis pagi, setelah inflasi AS dan data ekonomi memicu harapan Federal Reserve mungkin memiliki lebih sedikit kenaikan suku bunga untuk ekonomi terbesar dunia itu.

Minyak mentah berjangka Brent naik 6 sen menjadi diperdagangkan di 80,17 dolar AS per barel pada pukul 00.04 GMT dan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 4 sen menjadi diperdagangkan di 75,79 dolar AS per barel.

Data AS pada Rabu (12/7/2023) menunjukkan harga konsumen naik moderat pada Juni, mencatat kenaikan tahunan terkecil dalam lebih dari dua tahun.

Pasar memperkirakan satu lagi kenaikan suku bunga, tetapi pedagang minyak berharap itu mungkin karena suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.

Baca juga: Minyak stabil di Asia, kekhawatiran ekonomi imbangi pemotongan pasokan

Produsen utama Arab Saudi pekan lalu berjanji untuk memperpanjang pengurangan produksi 1 juta barel per hari (bph) pada Agustus, sementara Rusia akan memangkas ekspor sebesar 500.000 barel minyak per hari.

Faktor yang dapat membatasi kenaikan harga adalah laporan Badan Informasi Energi AS (EIA) tentang peningkatan stok minyak mentah AS yang jauh lebih besar dari perkiraan hampir 6 juta barel minggu lalu.

Persediaan bensin sebagian besar tetap tidak berubah pada 219,5 juta barel selama minggu liburan Empat Juli, situasi yang "hampir tidak pernah terdengar," kata Phil Flynn, seorang analis di grup Price Futures.

Para analis memperkirakan penarikan besar stok bensin karena pengemudi turun ke jalan untuk perjalanan liburan.

Baca juga: Minyak datar di Asia, setelah stok AS naik lebih besar dari perkiraan

Baca juga: Minyak naik di Asia ditopang pemotongan OPEC+ dan pelemahan dolar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023