Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly akan membahas isu utama seperti stabilitas regional dan mitigasi perubahan iklim dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama Kanada.

“Pada saat dampak perubahan iklim semakin cepat dan persaingan geopolitik semakin meningkat, Kanada meningkatkan keterlibatan dengan ASEAN saat kami berjuang untuk masa depan yang sejahtera, tangguh, aman, dan inklusif,” kata Melanie Joly dalam siaran pers Kedubes Kanada yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Melanie juga akan membahas isu tentang penghormatan terhadap tatanan internasional berbasis aturan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dalam pertemuan tersebut.

ASEAN adalah mitra dagang terbesar keempat Kanada secara global dan mitra dagang terbesar kedua di Indo-Pasifik, dan ASEAN mewakili ekonomi terbesar kelima dengan PDB 5 juta triliun dolar dan penduduk terbesar ketiga di dunia dengan populasi sekitar 660 juta.

Melanie juga akan memberikan perkembangan terbaru tentang kemajuan pelaksanaan Strategi Indo-Pasifik Kanada di kawasan dengan menyoroti keselarasan  dengan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik.

ASEAN adalah mitra prioritas dalam Strategi Indo-Pasifik Kanada, yang menetapkan rencana ambisius untuk meningkatkan keterlibatan Kanada di kawasan selama satu dekade ke depan.

“Selama bertahun-tahun, Kanada dan ASEAN telah menjalin kemitraan yang luar biasa dan saling menguntungkan yang dibangun di atas kepercayaan, nilai-nilai bersama dan selalu ada saat diperlukan,” kata Menlu Kanada tersebut.

Disebutkan pula bahwa Melanie akan membahas isu-isu yang mendesak seperti tekanan di Laut China Timur dan Selatan dan krisis Myanmar dalam Forum Regional ASEAN (ARF) ke-30.

Dia juga akan membahas tentang ancaman yang terus berlanjut dari program rudal nuklir dan balistik Korea Utara, dan perang agresi Rusia di Ukraina dalam forum tersebut.

Menlu juga akan menegaskan kembali dukungan kuat Kanada terhadap sentralitas ASEAN dalam mengatasi tantangan kawasan dengan para mitra internasional demi menegakkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, stabil, sejahtera, dan inklusif.

Kanada menganggap ARF sebagai forum multilateral yang berharga untuk dialog tentang masalah keamanan regional dan untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara anggota ASEAN.

Baca juga: Dubes Kanada: Perempuan ASEAN penting bagi perdamaian berkelanjutan
Baca juga: Dubes: Kemitraan dengan ASEAN sangat penting untuk Kanada
Baca juga: Kanada ingin bangun kemitraan strategis dengan ASEAN


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023