Pemerintah perlu melakukan operasi pasar demi mengetahui permasalahan yang menjadi penyebab kenaikan harga pangan di pasar
Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Satgas Pangan melakukan upaya-upaya yang tepat untuk selalu menjaga keseimbangan harga pangan di pasar yang tengah melambung tinggi.
 
"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Satgas Pangan dan pemerintah daerah melakukan operasi pasar untuk mengetahui permasalahan yang menjadi penyebab kenaikan harga pangan di pasaran dan untuk kembali menstabilkan harga sejumlah komoditas pangan tersebut," ujar Bamsoet dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, pemerintah perlu melakukan operasi pasar demi mengetahui permasalahan yang menjadi penyebab kenaikan harga pangan di pasar.
 
Untuk itu, Bamsoet meminta Satgas Pangan melakukan pemetaan permasalahan secara detail yang menyebabkan naiknya harga sejumlah komoditas pangan tersebut dalam beberapa waktu terakhir ini.

Baca juga: Bamsoet minta pemerintah amankan ketersediaan beras dalam negeri
Baca juga: Bamsoet: Kepala daerah harus amankan stok kebutuhan pokok
 
Ia juga berharap Satgas Pangan dapat segera melakukan upaya dan langkah untuk menyelesaikan persoalan kenaikan harga pangan tersebut. Hal ini mengingat sejumlah komoditas pangan tersebut merupakan komoditas pangan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian, Bamsoet meminta Satgas Pangan bersama Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian mengidentifikasi kendala, ketersediaan, dan produksi komoditas pangan tersebut di lapangan.
 
Upaya ini, lanjut dia, agar dapat dilakukan langkah guna memperbanyak produksi dari komoditas pangan tersebut, serta memastikan tidak ada komoditas pangan yang ditimbun atau disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu sehingga menyebabkan kenaikan harga terus terjadi.
 
"Meminta Satgas Pangan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan ketersediaan pangan di lapangan yang disesuaikan dengan jumlah kebutuhan masyarakat," katanya.
 
Bamsoet mengatakan pendataan ketersediaan pangan di lapangan guna memastikan stok pangan sesuai dengan jumlah kebutuhan, sehingga dapat kembali menekan harga bahan pangan di pasaran agar kembali stabil.
 
Selain itu, dia meminta pemerintah dan Satgas Pangan berkomitmen untuk kembali menstabilkan harga bahan pangan di pasaran. Pasalnya, kenaikan harga yang terjadi secara terus menerus berpotensi menimbulkan inflasi.
 
"MPR meminta pemerintah terus menjaga inflasi di daerah dan memastikan kebutuhan dan ketersediaan pangan sesuai target, serta harga di pasaran agar selalu sesuai ketentuan harga eceran tertinggi/HET yang berlaku," pungkas Bamsoet.

Baca juga: Belajar sepanjang hayat ala Bamsoet dan Prof Cecep Darmawan
Baca juga: Bamsoet ajak petani wujudkan nawacita bidang pangan

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023