Wapres bersama istri Wury Ma'ruf Amin disambut tarian adat dan pengalungan tas tradisional noken
Fakfak (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menyambut kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin di Bandar Udara Torea, Kamis siang.

Wapres bersama istri Wury Ma'ruf Amin disambut tarian adat dan pengalungan tas tradisional noken.

Turut hadir menyambut kedatangan Wapres yaitu Ketua Tim Penggerak PKK Papua Barat Roma Megawanty, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Inpektur Jenderal Daniel Tahi Monang Silitonga, Bupati Fakfak Untung Tamsil, dan sejumlah unsur forkopimda setempat.

Paulus Waterpauw mengatakan Wapres akan melakukan kunjungan kerja ke rumah produksi pengelolaan buah pala, peletakan batu pertama pembangunan ruang terbuka hijau, peninjauan produk turunan buah pala, dan pemantauan terhadap progres proyek prioritas di Fakfak.

Selanjutnya, Wapres juga diagendakan melakukan penyerahan secara simbolis kredit usaha rakyat (KUR) dan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 1.000 bibit pohon pala.

"Ada sejumlah agenda kunjungan kerja bapak Wapres selama di Fakfak," kata Waterpauw.

Sebelumnya, Wapres melakukan kunjungan kerja ke Nabire, Papua Tengah. Sekira pukul 11.50 WIT, Wapres melanjutkan kunjungan kerja ke Fakfak menggunakan pesawat CN 295 dari Bandar Udara Douw Aturure Nabire.

Ketika berada di Nabire, Wapres melakukan peletakan batu pertama dan penanaman pohon di lokasi yang menjadi cikal bakal pusat Pemerintahan Papua Tengah.

Wapres juga menyempatkan diri menemui dan menyapa ratusan petani Papua Tengah yang tergabung dalam Hidup Petani Nyata (Hipeta) di Pantai Wisata Menase, Nabire.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres meminta petani Papua Tengah mengembangkan komoditas lokal yang menjadi unggulan secara konsisten.

Baca juga: Gubernur ajak masyarakat ciptakan kondisi aman jelang kunjungan Wapres
Baca juga: Wapres minta Papua Tengah beri perhatian sektor unggulan
Baca juga: Wapres lanjutkan perjalanan dari Nabire ke Fakfak Papua Barat

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023