Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama ASECH (Center of Excellence on Smart City) berkolaborasi dengan Jimbaran Hijau meluncurkan Pusat Kepakaran Kota Cerdas Dunia.

Peluncuran tersebut berlangsung pada acara Gala Dinner Pertemuan Tahunan ASEAN Smart City Network Ke-6 di Jimbaran HUB, Bali, Rabu (12/7).

“Pemerintah perlu mendorong implementasi kota cerdas dengan membangun fondasi yang kokoh untuk menghadapi tantangan global,” ujar Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Tito mendorong pembangunan yang dapat menghadapi berbagai tantangan dan hambatan akibat dinamika global.

Selain itu, ia menyoroti pentingnya pembangunan kapasitas yang dapat beradaptasi dalam revolusi industri yang kompleks.

“Yang selaras dengan tema Indonesia, yakni 'Epicentrum of Growth',” ujar Tito.

Peresmian ini dihadiri perwakilan negara ASEAN dan para mitra dari negara sahabat.

Baca juga: Menlu ingin China jadi mitra ASEAN wujudkan kawasan terbuka, inklusif
Baca juga: Heru sebut KTT ASEAN 2023 memiliki potensi tumbuhkan pendapatan UMKM


“ASECH sangat bangga telah menjadi bagian dari inisiatif Kemendagri. Partisipasi Indonesia di dalam forum ASCN dapat memudahkan pemangku keputusan menemukan solusi paling tepat untuk berbagai tantangan perkotaan di masa depan,” ucap CEO ASECH Erike Malonda dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

ASECH didirikan tahun 2022 sebagai pendukung program kota cerdas Kementerian Dalam Negeri dalam melahirkan solusi dan pemikiran baru perkotaan lewat digitalisasi dan penggunaan teknologi.

Konsep ASECH sendiri adalah sebuah pusat kepakaran yang mewadahi penyedia solusi beserta para pakar yang dikhususkan untuk meriset dan menguji konsep dan teknologi baru yang dapat mendukung jalannya program kota cerdas di Indonesia lewat program peningkatan kapasitas dengan pendekatan kreatif di kawasan Jimbaran Hijau.

“Kami menyambut dengan antusias kolaborasi bersama ASECH ini yang didukung Kemendagri untuk dapat memberi nilai tambah dan 'knowledge sharing' dalam memajukan keilmuan perkembangan perkotaan di Indonesia dan ASEAN Region di Jimbaran Hub,” ujar Putu Agung Prianta selaku CEO PT Jimbaran Hijau sekaligus Ketua Green Building Council Indonesia Bali.

Di tahun 2023, Indonesia dipilih sebagai Ketua ASEAN, hal ini secara otomatis memusatkan perhatian negara-negara lain dalam kapabilitas Indonesia memajukan perkotaan dalam negeri sebagai contoh kota cerdas dunia.

Hadirnya ASECH diharapkan dapat secara efektif mendukung program kota cerdas yang dikepalai oleh Wakil Nasional Kontingen Indonesia, yakni Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal Z.A.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023