Bengkulu sangat siap dijadikan kodam
Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan daerah siap dan mendukung penuh rencana pemerintah membentuk Komando daerah (Kodam) TNI di provinsi berjuluk Bumi Raflesia itu.
 
"Oleh karena itu kami sampaikan tadi pada rombongan Tim Peninjau Kesiapan Pembentukan dan Pembangunan Kodam (dari Mabes AD), Bengkulu sangat siap dijadikan kodam," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis.
 
Provinsi Bengkulu memberikan dukungan penuh agar Kodam Bengkulu bisa segera terealisasi karena daerah tersebut saat ini membutuhkan keberadaan jajaran TNI setingkat kodam. Menurut Gubernur Rohidin, provinsi yang berada di pesisir barat Pulau Sumatera itu sangat layak memiliki Komando Daerah Militer TNI.
 
"Kami sampaikan tadi sangat layak Bengkulu ini dijadikan kodam tersendiri, karena Bengkulu punya garis pantai yang panjang sampai 500 kilometer lebih, Bengkulu juga punya Pulau terluar berpenduduk, dalam konteks pertahanan nasional, itu menjadi wilayah strategis pertahanan nasional," kata dia lagi.
 
Lebih lanjut, kata Rohidin keberadaan lembaga TNI-Polri setingkat kodam juga dapat meningkatkan keamanan kawasan strategis Bengkulu seperti Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan juga Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Dua taman nasional tersebut bahkan menempati 40 persen lebih wilayah Bengkulu.
 
"Bengkulu ini juga berbatasan langsung dengan empat provinsi tetangga. Jika ini bisa menjadi kodam, ini akan menjadi sangat luar biasa," katanya.
 
Untuk realisasi, menurut Gubernur Rohidin diputuskan oleh Kementerian Pertahanan, saat ini tim dari pusat baru melakukan penilaian untuk peningkatan status Korem 041 Garuda Mas menjadi Kodam Bengkulu.
 
"Nanti mereka akan melakukan penilaian dulu, terus melihat seperti apa dukungan pemprov, baru nanti akan diputuskan dan dilaporkan kepada Kementerian Pertahanan. Lokasinya tetap di Korem yang sekarang, ini Korem yang naik kelas," ujarnya.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih dukung penuh pembentukan Kodam Kasuari
Baca juga: KSAD: Pembentukan Kodam Papua Barat tunggu lahan
Baca juga: Pembentukan Kodam Papua Barat Masih Dalam Kajian

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023