Dengan adanya regulasi, diharapkan dapat mendorong semua pihak untuk bisa menyusun regulasi turunan dalam pelaksanaan kebijakan perjenjangan buku
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI mengatakan perjenjangan buku (book leveling) sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar dapat lebih menarik para pembacanya.
 
"Implementasi perjenjangan buku penting untuk dilakukan, mengingat sebagian besar pembaca di Indonesia memiliki batasan kemampuan dalam memahami teks atau buku bacaan," kata Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek Supriyatno dalam Webinar Perjalanan Membaca di Balik Perjenjangan Buku yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.
 
Dia mengungkapkan, implementasi perjenjangan buku telah dibagi menjadi lima tingkat, dengan tingkat A bagi pembaca dini yang belum memahami simbol, tingkat B yang dibagi lagi menjadi B1 sampai B3 untuk pembaca pemula di usia enam sampai delapan tahun.
 
Kemudian, sambungnya, tingkat C bagi pembaca semenjana yang telah memahami bacaan, tingkat D yang sudah ahli, dan tingkat E bagi pembaca mahir yang telah diharapkan memahami isi dari sebuah bacaan sesuai konteksnya.
 
"Terdapat tahapan dan jenjang yang sudah direncanakan dalam pedoman dan peraturan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP)," ujarnya.
 
Dia menyebutkan, pihaknya telah memiliki regulasi terkait perjenjangan buku pada Undang-undang (UU) No. 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 75 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Sistem Perbukuan.
 
"Dengan adanya regulasi, diharapkan dapat mendorong semua pihak untuk bisa menyusun regulasi turunan dalam pelaksanaan kebijakan perjenjangan buku," tuturnya.
 
Dia berharap, implementasi perjenjangan buku bukan semata-mata dilakukan karena adanya regulasi, tapi menjadi suatu kesadaran masyarakat bahwa anak-anak memerlukan buku yang sesuai dengan tingkat usianya.
 
Hal tersebut, sambungnya, akan menjadikan anak-anak tidak dijejali buku, selain dari buku yang mereka mampu baca.
 
"Sehingga akan menimbulkan minat baca yang berdampak pada budaya baca, dan lebih besarnya lagi, pada pengembangan program literasi di masa depan," kata Supriyatno.

Baca juga: Akademisi optimis Merdeka Belajar Episode 23 dongkrak literasi anak
Baca juga: Kemendikbud distribusikan 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu
Baca juga: Perpustakaan masih hadapi tantangan kekurangan buku
 
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023