Saya meminta kegiatan ini bukan hanya dilakukan di satu kecamatan saya, minimal zonasi agar lebih mudah baik dari segi pemberdayaan maupun pembelajarannya
Serang (ANTARA) - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi kegiatan organisasi masyarakat (ormas) yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat terlebih program-programnya didukung oleh United States Agency for International Development (USAID).

"Banyak program yang telah dilaksanakan oleh USAID, itu masuk ke kesehatan dan pendidikan. Luar biasa sekarang menggandeng organisasi masyarakat masuk melakukan pemberdayaan masyarakat," kata Tatu saat menghadiri Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang diselenggarakan Simpul Madani Serang (SMS) di Padarincang, Serang, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut Tatu meminta kegiatan OMS bukan hanya dilakukan di Kecamatan Padarincang akan tetapi juga di kecamatan lainnya.

"Saya meminta kegiatan ini bukan hanya dilakukan di satu kecamatan saya, minimal zonasi agar lebih mudah baik dari segi pemberdayaan maupun pembelajarannya," katanya menambahkan.

Kegiatan positif di ormas, kata Tatu, bisa disinergikan dengan program yang ada di organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Serang.

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat merupakan agenda pembangunan pemerintah daerah. Oleh karena itu dibutuhkan keterlibatan semua pihak.

Ketua Koordinator Madani Provinsi Banten, Muslih Amin mengatakan, ada 25 ormas yang ikut berpartisipasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat.

"Kami fokus ke isu-isu strategis misalnya pendidikan, kesehatan, lingkungan termasuk tata kelola desa," katanya.

Ia mengatakan, ada banyak program yang dimunculkan oleh OMS yang kaitannya untuk pengembangan masyarakat. Salah satunya mendorong lahirnya desa ramah perempuan dan anak.

"Ini manfaatnya banyak untuk kesehatan, pendidikan dan untuk pengembangan ekonomi lokal itu kita dorong," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong soal isu lingkungan guna dapat mengendalikan sampah di tingkat paling kecil yaitu desa.

"Kita upayakan pengembangan bank sampah digital desa itu bisa di replikasi dan dipraktekkan, mudah, murah tetapi sangat bermanfaat mendorong pencapaian visi misi Bupati Serang," katanya.

Baca juga: Optimalisasi Otsus, USAID ajak jurnalis berkolaborasi membangun Papua
Baca juga: Indonesia, AS sepakat majukan demokrasi inklusif dan masyarakat sipil
Baca juga: WRI Indonesia dukung perbaikan kualitas udara di DKI Jakarta

Pewarta: Lukman Hakim/Bayu Kuncahyo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023