Selain dari siswa, juga dari kapasitas guru
Serang (ANTARA) - Sebanyak 30 guru dari berbagai SMP di Kabupaten Serang, Banten bersaing mendapatkan kuota beasiswa Pascasarjana di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan program tersebut prakarsa pemerintah kabupaten (Pemkab) Serang.
 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Serang, Kamis mengatakan program tersebut merupakan bagian kerja sama antara Pemkab Serang dengan salah satu perguruan tinggi negeri unggulan itu.
 

“Seperti yang sudah saya sampaikan bahwa ini untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, peningkatan dari indikator bidang pendidikan selain dari siswa, juga dari kapasitas guru,” kata Tatu di sela seleksi calon penerima beasiswa.
 

Menurut Tatu, Kabupaten Serang saat ini membutuhkan guru matematika dan IPA yang mumpuni. Dengan demikian pihaknya memberikan kesempatan yang sama bagi guru untuk meraihnya.

Baca juga: Kemendikbud buka kesempatan beasiswa pascasarjana bagi guru

Baca juga: Kemenag buka 1.000 beasiswa non-gelar untuk guru agama

 

“Seperti teman-teman media tahu, anak-anak takut dengan dua mata pelajaran ini, padahal kunci dari semua ilmu. Jika siswa jago dua mata pelajaran ini, Insya Allah yang lain mudah,” katanya menambahkan.
 

Dari 30 guru yang mengikuti seleksi, Pemkab Serang baru menyediakan lima kuota beasiswa pascarsarjana. Total anggaran yang disiapkan hingga lulus yakni sebesar Rp1,2 miliar dan untuk mekanisme perkuliahan diserahkan kepada FMIPA ITB.
 

Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, kerja sama Pemkab Serang dan ITB merupakan konsep pembangunan pentahelix yang dikembangkan oleh Bupati Serang.
 

“Perguruan tinggi juga merealisasikan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, jadi ada kerja sama,” ujarnya.
 

Para calon mahasiswa akan mengikuti tahapan seleksi akademik dan kemampuan bahasa. Kemudian dilakukan pembekalan dan penguatan psikologis.
 

Sementara itu, Dekan FMIPA ITB, Prof Wahyu Srigutomo mengatakan, dari serangkaian tes dan tahapan yang dilakukan terhadap para calon mahasiswa, pihaknya juga akan melihat kesiapan dan adaptasi yang akan dijalani selama pembelajaran. Para penerima beasiswa harus dipastikan mampu menyelesaikan program beasiswa hingga lulus.

Sejumlah program beasiswa yang digulirkan Pemkab Serang diantaranya beasiswa 1.350 siswa SD, beasiswa 1.392 siswa SMP, dan beasiswa 386 siswa SD-SMP penghafal Al-Quran.

Untuk beasiswa perguruan tinggi sejak 2017 sebanyak 1.268 mahasiswa dan bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Ada juga beasiswa untuk guru PAUD.

Baca juga: Kemendikbud buka kesempatan beasiswa pascasarjana bagi guru

Baca juga: Kampus UMRAH siapkan enam kelas mahasiswa penerima beasiswa PPG

 

Pewarta: Lukman Hakim/Bayu Kuncahyo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023