Jakarta (ANTARA) - NalaGenetics selaku pemenang dari Health Innovation Sprint Accelerator 2022 membagikan wawasan kesehatan tes DNA untuk manajemen penyakit kolesterol di booth Kemenkes RI di Hall C2 Jakarta Fair pada tanggal 8 Juli 2023 lalu.

Tamu ahli dari NalaGenetics yaitu dr. Lonah, Sp.FK memberikan pandangan tentang efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi obat–obatan kolesterol yang kurang tepat dan memberikan tips untuk mencegah efek negatif ini melalui tes DNA.

Dalam siaran resminya, Jumat, Lonah menekankan fakta bahwa obat kolesterol bukanlah obat yang bebas dari efek samping. Setiap obat pasti memiliki efek sampingnya tersendiri, termasuk obat kolesterol yang sering dikonsumsi seperti Simvastatin, Atorvastatin dan Rosuvastatin.

Baca juga: Ada hubungan kolesterol dan hipertensi dengan risiko Alzheimer

Efek samping dari konsumsi obat-obatan kolesterol sendiri dapat berupa nyeri otot, sakit kepala, mual-mual, sampai diare. Lebih parah lagi jika obat kolesterol tersebut tidak menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh.

Menurut Lonah, tes DNA dapat menjadi satu solusi untuk mengatasi efek samping yang merugikan dari konsumsi obat-obatan yang kurang tepat.

“Tidak ada manusia di dunia ini yang DNA-nya sama persis dengan manusia lain,” ungkap Lonah.

"Akibat perbedaan dari DNA atau genetik kita inilah alasan dibalik terjadinya efek samping dari obat-obatan yang seringkali merugikan dan memperparah kondisi kita.” lanjutnya.

DNA merupakan komponen penting yang berada di dalam semua makhluk hidup, yang menentukan berbagai macam proses yang terjadi dalam tubuh termasuk proses pencernaan obat-obatan.

Ketika DNA kita tidak dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang dikonsumsi dengan baik, proses pencernaan obat pun dapat terjadi terlalu cepat ataupun terlalu lambat sehingga kita tidak dapat mengalami efek obat yang diharapkan secara optimal.

Maka dari itu, mengonsumsi obat-obatan yang tepat untuk kolesterol sangatlah penting, terutama untuk individu-individu berisiko dan individu-individu yang sedang menjalankan perawatan kolesterol.

Selain topik obat kolesterol, talkshow ini juga membahas manfaat tes DNA dalam mengoptimalkan manajemen kolesterol dan mengurangi efek samping dari bukan hanya obat kolesterol namun juga obat-obatan sampai suplemen yang dapat merugikan kesehatan.

Peserta talkshow diperkenalkan dengan konsep tes DNA nutrigenetik dan farmakogenomik, yang merupakan inovasi terbaru dalam dunia kesehatan.

“Kami sangat bangga telah menyelenggarakan talkshow yang penuh wawasan manajemen kolesterol ini di Jakarta Fair 2023, bersama dengan Kemenkes" kata CEO dari NalaGenetics, Levana Sani.

"Melalui acara ini, kami bertujuan untuk mendidik masyarakat tentang manajemen kolesterol dan menggarisbawahi pentingnya konsumsi obat-obatan yang tepat melalui tes DNA. Kami percaya bahwa dengan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan mempromosikan solusi inovatif, kami dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan kesehatan dalam masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Baca juga: Mengenal manfaat tes genetik untuk perawatan preventif

Baca juga: Diet vegetarian berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Baca juga: Dua startup Indonesia raih penghargaan G20 Innovation League 2021

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023