Jakarta (ANTARA) - Penyebab kematian mendiang Lisa Marie Presley, yang merupakan putri tunggal dari legenda rock 'n' roll Elvis Presley, diidentifikasi karena obstruksi atau penyumbatan usus kecil, menurut Lembaga Pemeriksa Medis di Los Angeles pada Kamis (13/7) waktu setempat.

Penyumbatan usus kecil itu, kata Lembaga Pemeriksa Medis, muncul sebagai akibat dari komplikasi jangka panjang pasca-operasi bariatrik yang dilakukan Lisa Presley pada beberapa tahun yang lalu.

"Penyumbatan usus kecil disebabkan oleh jaringan parut yang berkembang setelah operasi bariatrik sebelumnya bertahun-tahun yang lalu," kata lembaga tersebut.

Baca juga: Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley, meninggal dunia

Namun, sebagaimana dilaporkan The Hollywood Reporter, laporan toksikologi secara lebih lengkap belum dirilis oleh lembaga tersebut sehingga terbuka kemungkinan faktor penyebab lainnya.

Lisa Presley meninggal dunia dalam usia 54 tahun pada 12 Januari lalu di sebuah rumah sakit di West Hills, California, setelah menderita serangan jantung pada hari sebelumnya. Dia dimakamkan di Graceland, warisan kediaman sang ayah di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat.

Beberapa hari sebelum kematiannya, Lisa Presley sempat menghadiri Golden Globes 2023 bersama ibunya, Priscilla Presley. Dalam acara itu, Austin Butler memenangkan penghargaan atas penampilan aktingnya sebagai Elvis Presley dalam film "Elvis" karya Baz Luhrmann.

Sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu, Lisa Marie merilis album pertamanya bertajuk "To Whom It May Concern" pada 2003. Album ini menghasilkan lagu hit "Lights Out" dan mencapai penjualan lebih dari 500.000 unit.

Untuk album keduanya, "Now What", dia ikut menulis 10 lagu di antaranya dan memasukkan cover dari Ramones berjudul "Here Today and Gone Tomorrow". Kedua album Lisa Marie, yang dirilis oleh Capitol Records, memulai debutnya di 10 besar chart Billboard 200.

Baca juga: Mendiang Lisa Marie Presley berstatus nenek sebelum wafat

Baca juga: Duka tumpah di Graceland atas mendiang Lisa Marie Presley

Baca juga: Aktor Austin Butler beri penghormatan untuk Lisa Marie Presley

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023