Solo (ANTARA) -
Pura Mangkunegaran Solo mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti malam 1 Sura yang akan diselenggarakan pada Selasa (18/7).
 
"Pak presiden tentu (diundang, Red.), tapi beliau dengan jadwal yang padat ya," kata Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Solo, Jumat.
 
Ia mengatakan akan merasa senang jika presiden bisa ikut hadir dan melihat indahnya kebudayaan Jawa melalui acara malam 1 Sura ini.
 
"Baik di Mangkunegaran maupun di keraton (Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Red.)," katanya.

Baca juga: "Sudamala" akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo

Baca juga: Sejumlah tokoh nasional ikuti Kirab Pusaka Dalem Mangkunegaran Solo

 
Ia berharap melalui penyelenggaraan tersebut ke depan acara-acara kebudayaan baik yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran maupun di Keraton Surakarta dapat makin semarak dan lestari.
 
Sementara itu, selain presiden undangan juga dikirimkan ke sejumlah tokoh publik, di antaranya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
 
"Pak gubernur tahun lalu juga hadir, kami akan senang kalau tahun ini bisa hadir lagi. Nanti kami lihat ya," katanya.
 
Sementara itu, terkait dengan prosesi malam 1 Sura, dikatakannya, dimulai dari kirab pusaka dan semedi. Kirab akan mengambil rute dari gerbang utama Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, berbelok ke kanan ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, dan kembali ke Pura Mangkunegaran.
 
"Harapannya ini jadi upacara yang memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Pura Mangkunegaran gelar Kirab Pusaka Dalem malam 1 Sura

Baca juga: Pura Mangkunegaran Surakarta tiadakan Kirab Malam Satu Sura 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023