Melihat tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran setiap harinya selama libur akhir tahun mencapai 1.000 orang
Solo (ANTARA) - Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah siap menghadapi lonjakan pengunjung saat libur panjang akhir tahun 2023.

"Ini mau persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kan akan ramai. Jadi kami update," kata KGPAA Mangkunegara X saat akan menemui Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa.

Pada momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihaknya memperkirakan terjadi kenaikan jumlah pengunjung hingga 300 persen.

Melihat tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung Pura Mangkunegaran setiap harinya selama libur akhir tahun mencapai 1.000 orang. Jumlah ini meningkat signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa sekitar 300 orang.

"Persiapan seperti apa, flow seperti apa. Supaya enak untuk semua," katanya.

Ia juga menyiapkan program khusus selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yakni turis yang datang tidak hanya menikmati suasana di Pura Mangkunegaran tetapi harapannya bisa menjadi bagian dari kebudayaan juga. "Jadi bisa belajar, bisa ikut tari," katanya.

Baca juga: Pura Mangkunegaran akan libatkan UMKM selenggarakan bulan batik

Baca juga: Pracima Tuin Mangkunegaran mulai dibuka untuk umum


Meski demikian, ia tidak menargetkan angka khusus pada kunjungan tersebut.

"Bukan target tapi bagaimana bisa memberikan yang terbaik untuk pengunjung yang datang. Siap-siap internal saja," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan dilakukannya koordinasi dengan tempat wisata lain.

"Harus, itu salah satu yang mau didiskusikan. Apalagi Solo kan banyak destinasi baru, ada Pracima Tuin, Solo Safari, Masjid Zayed. Bagaimana sinergi makin kuat. Terkait juga dengan sisi transportasi, KAI. Harapannya Natal dan tahun baru bisa hidup, Solo makin ramai, semua happy," katanya.

Baca juga: Wamen BUMN berharap Taman Pracima memiliki nuansa edukasi budaya

Baca juga: Wamen BUMN kembangkan Pura Mangkunegaran sebagai wisata warisan budaya

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023