Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Jagakarsa mengumpulkan dua truk compactor sampah plastik dari Waduk Brigif, Jakarta Selatan dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan tersebut.

"Total sampah yang dikumpulkan dua truk compactor yang akan dikelola bank sampah RW 01 Kelurahan Cipedak," kata Kapolsek Jagakarsa, Kompol Multazam Lisendra kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Multazam menuturkan kegiatan bersih-bersih ini dilaksanakan sejak Kamis sore pukul 15.30 WIB dengan mengitari waduk seluas 1 hektar (ha).

Adapun pihaknya mengajak 90 petugas gabungan mulai dari Komando Rayon Militer (Koramil), kelurahan, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), hingga mahasiswa.

Nantinya pengelolaan sampah sebagian diserahkan suku dinas terkait seperti Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) maupun Lingkungan Hidup Jakarta Selatan.

"Diharapkan kegiatan bersih waduk ini bisa membuat masyarakat nyaman untuk berkunjung," harapnya.

Sementara itu, Lurah Cipedak Fatien Anwar yang turut bergabung dalam kegiatan ini mengucap rasa terima kasihnya akhirnya rencana kerja bakti membersihkan Waduk Bridgif terealisasi.

"Kita berharap agar pelaksanaan kegiatan ini jangan hanya saat ini, tetapi terus berkesinambungan dan saya ucapkan terima kasih kepada Kapolsek," ujar Fatien.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 Polri dengan kolaborasi dan sinergitas dari berbagai sisi guna menciptakan keamanan dan kenyaman masyarakat DKI Jakarta terutama Jagakarsa.

Dalam kesempatan berbeda, petugas gabungan dari Polres Jakarta Selatan, Komando Rayon Militer (Koramil), aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, kecamatan, karang taruna, pramuka hingga mahasiswa, membersihkan sampah Kali Uangan, Petukangan Utara, Pesanggrahan.

"Kami mendapat informasi di lokasi ini dangkal dan ada sampah sampai airnya hitam. Karena itu, diperlukan kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di Jakarta, Kamis.

Ade menjelaskan, pihaknya mengajak sekitar 170 personel gabungan dari pihak terkait sebagai bentuk kepedulian dengan berkontribusi menjaga lingkungan sehingga ikut membersihkan sampah bersama warga sekitar.

Baca juga: Polres Jaksel tindak lima pelanggar di perempatan Prapanca Raya

Baca juga: Polres Jaksel beri kenaikan pangkat 43 personel berprestasi

Baca juga: Polisi: Pengemudi mobil tak bayar tol di Depok anggota Polres Jaksel

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023