Jakarta (ANTARA) - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani kerja sama membuka House of Design di Gedung Science and Techno Park (STP) Ganesha, di Bandung, untuk mendesain bus dan truk listrik.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono, dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan ITB, Muhamad Abduh.

"Kendaraan listrik, khususnya bus dan truk listrik, merupakan bagian dari masa depan yang ramah lingkungan," kata Gilarsi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, desain yang modern, dinamis, dan futuristik diperlukan, tetapi tetap memperhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan.

Gilarsi menambahkan bahwa desain bus dan truk listrik memerlukan persiapan dan riset yang matang, serta komunikasi yang intens dengan berbagai pihak, termasuk pihak karoseri.

Sebagai contoh, bus listrik memiliki baterai dengan bobot yang lebih berat, sehingga desainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan karoseri dalam membangun bodi kendaraan.

Sebelumnya, Perseroan yang merupakan anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), telah melakukan ekspansi dengan mengembangkan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah.

Fasilitas produksi ini merupakan hasil kerja sama antara VKTR dan Tri Sakti, melalui perusahaan patungan PT VKTR Sakti Industries.

"Kami berharap House of Design ini dapat menghasilkan desain yang tidak hanya bernilai estetik, tetapi juga mengadopsi teknologi aerodinamis tingkat tinggi agar bodi kendaraan yang dihasilkan dapat menghemat energi," tambah Gilarsi.

House of Design ini merupakan co-working space antara VKTR dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.

Tim yang terlibat dalam proyek ini terdiri dari para alumni FSRD ITB yang memiliki pengalaman dalam teknik desain kendaraan listrik.

Lembaga ini juga akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa jurusan terkait di FSRD ITB.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan, ITB, Muhamad Abduh, menyambut baik kerja sama ini dan bersyukur dapat berkontribusi dan ambil bagian dalam rangkaian proyek kendaraan masa depan ini.

"Ini merupakan sumbangsih kami bagi Indonesia. Sebagai institusi pendidikan terkemuka di Tanah Air, kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya.

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. (VKTR) adalah perusahaan yang fokus dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia.

Saat ini, VKTR sedang memperluas pengembangan pabrik melalui kemitraan dengan Tri Sakti untuk memproduksi bus listrik dan truk listrik di Indonesia.

Baca juga: VKTR ekspansi pabrik bus dan truk listrik di Magelang

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta komitmen dukung penggunaan bus listrik

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023