BPK telah menyelesaikan delapan pemeriksaan kinerja untuk menilai capaian SDGs....
Jakarta (ANTARA) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyampaikan empat kontribusi penting yang dapat diberikan Supreme Audit Institutions (SAI) terhadap pencapaian Agenda 2030 untuk Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pertama adalah SAI dapat memberikan assurance dan rekomendasi tentang kesiapan, implementasi, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) berdasarkan mandat SAI yang akan memberikan manfaat lebih jika dibagikan di forum internasional seperti dalam forum High-Level Political Forum on Sustainable Development (HLPF),” kata Ketua BPK Isma Yatun saat memberikan pidato pembuka dalam Side Event UN HLPF, di New York, Amerika Serikat, dikutip dari keterangan resmi, di Jakarta, Jumat.

Kedua, dia menyatakan bahwa sangat penting untuk memiliki kerangka data dan akuntabilitas yang sesuai untuk SDGs. Karena itu, SAI disebut dapat menyediakan sistem pelaporan SDGs yang terstandardisasi, terintegrasi, dan efisien dengan menggunakan transformasi digital.

Untuk poin ketiga ialah meningkatkan implementasi rekomendasi audit dan memastikan dampak positif audit.

“Terakhir, menciptakan ekosistem dampak, memelihara nilai dan manfaat untuk masyarakat yang melibatkan banyak pemangku kepentingan,” ujar dia pula.

Dalam kesempatan tersebut, Isma menekankan urgensi kebijakan transformatif dan tindakan revolusioner untuk memastikan percepatan capaian Agenda 2030 untuk SDGs melalui upaya multilateral yang sejalan dengan kebijakan nasional.

BPK dikatakan telah menyelesaikan delapan pemeriksaan kinerja untuk menilai capaian SDGs pada berbagai program pada kementerian dan pemerintah daerah sejak tahun 2017.

“Sebagai penutup, saya ingin menekankan bahwa diperlukan adanya tindakan kolaboratif di antara semua pemangku kepentingan. Khusus untuk SAI, dengan adanya audit independen dan evaluasi yang komprehensif, SAI dapat mempromosikan akuntabilitas dan transparansi menuju pencapaian SDGs,” ujarnya lagi.
Baca juga: BPK sampaikan pokok intervensi percepatan implementasi Agenda 2030
Baca juga: BPK sampaikan tiga poin penting untuk percepat target SDGs


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023