Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman berpesan kepada Prajurit Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, yang dalam waktu dekat akan melaksanakan tugas sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di bawah Bendera UNIFIL di Lebanon Selatan, agar menjaga nama baik TNI AD dan bangsa Indonesia.

"Jaga nama baik TNI Angkatan Darat, nama baik TNI, dan bangsa Indonesia, serta berbuatlah yang terbaik. Dengan demikian, kalian akan disegani dan dihormati di mana pun kalian bertugas dan berada,” ujar Dudung dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pesan tersebut disampaikan Dudung saat memberi pengarahan kepada Prajurit Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, yang akan melaksanakan tugas sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di bawah Bendera The United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) itu ketika melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodam IV/Diponegoro, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/7).

Dalam kunjungan kerja kali ini, Dudung didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman, Asintel Kasad, Asops Kasad, Aspers Kasad, Asrena Kasad, Pangdam IV/Diponegoro, dan Kapusziad.

Dudung mengungkapkan bahwa prajurit TNI, khususnya TNI Angkatan Darat, selama ini selalu berhasil dalam penugasan misi perdamaian dunia.

"Hal ini disebabkan keberadaan prajurit TNI/TNI Angkatan Darat sangat disegani, serta dikenal senantiasa bekerja secara profesional, sehingga diakui kontribusinya oleh dunia internasional," tuturnya.

Menurut Dudung, keberhasilan tugas misi perdamaian dunia tidak terlepas dari cara-cara prajurit TNI dalam mengedepankan pendekatan pembinaan teritorial yang humanis, sehingga dapat diterima di negara mana pun mereka ditugaskan.

"Di mana pun prajurit TNI ditugaskan dalam misi perdamaian dunia, kita selalu diterima dengan baik, dan tugas berhasil dengan baik pula. Ini merupakan sebuah prestasi yang patut kita jaga," kata Dudung.

Selain memberikan pengarahan, Dudung beserta rombongan juga meninjau rumah dinas prajurit, serta pembangunan barak Prajurit Remaja Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, serta kegiatan ini diakhiri dengan penulisan pesan dan kesan, serta penyerahan cinderamata.

Sebelum melakukan kunjungan ke Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro, Dudung beserta rombongan terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Detasemen Pembekalan dan Angkutan (Denbekang) IV/44-04/Surakarta, yang akan dijadikan lokasi pembangunan Islamic Center.

Ia juga menyempatkan diri melaksanakan sholat Jumat di Masjid Sheikh Zayed, dan berkeliling meninjau kompleks masjid tersebut.

Baca juga: Kasad minta prajurit berangkat tugas ke Papua siapkan mental
Baca juga: Kasad: Rumah dinas yang layak dukung pelaksanaan tugas prajurit

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023