Chengdu, China (ANTARA) - Kurang dari dua pekan lagi sebelum Pesta Olahraga Universitas Sedunia Musim Panas 2021 Chengdu (Chengdu 2021 Summer Universiade) resmi dibuka.

Sejumlah nomor pertandingan dalam ajang tersebut akan digelar di 27 venue kompetisi yang merupakan gabungan bangunan baru dan bangunan yang sudah ada.

Berikut sekilas gambaran sejumlah venue Chengdu 2021 Summer Universiade yang akan menjadi rumah bagi para atlet selama mereka berlaga di Chengdu.

Dong'an Lake Sports Park Aquatics Center

Dong'an Lake Sports Park Aquatics Center merupakan pusat akuatik berukuran besar Kelas A, dengan satu lantai berukuran besar di atas tanah, tiga lantai bangunan lokal, dan satu lantai basemen.

Bangunan ini mencakup area lantai seluas 73.549,33 meter persegi. Terdapat satu kolam kompetisi dengan 10 jalur dan satu kolam pemanasan, yang juga dibagi menjadi 10 jalur. Kolam kompetisi berukuran 50x25 meter, dengan kedalaman air dua meter.

Pusat akuatik ini akan berfungsi sebagai venue kompetisi dan tempat pemanasan serta latihan untuk nomor-nomor renang selama Universiade Musim Panas 2021 Chengdu. Nomor-nomor renang akan diselenggarakan dari 1 hingga 7 Agustus, dengan memperebutkan total 42 medali emas.

Dong'an Lake Sports Park Multi-Purpose Gymnasium
 
   Dong'an Lake Sports Park Multi-Purpose Gymnasium (Xinhua)

Dong'an Lake Sports Park Multi-Purpose Gymnasium mencakup area seluas 90.169,37 meter persegi, dengan satu lantai berukuran besar dan lima lantai bangunan lokal di atas tanah, serta satu lantai semi-basemen.

Venue itu menyediakan satu field of play (FoP) dengan ukuran 81x45 meter serta satu area pemanasan.    

Fenghuangshan Sports Park Gymnasium
 
   Fenghuangshan Sports Park Gymnasium (Xinhua)  

Sebagai venue Kelas A berukuran sangat besar, Fenghuangshan Sports Park Gymnasium meliputi area seluas 119.704,76 meter persegi, dengan tujuh lantai di atas tanah dan satu lantai basemen. Ukuran FoP-nya adalah 70x40 meter.

Gimnasium tersebut akan berfungsi sebagai venue kompetisi dan tempat pemanasan untuk nomor-nomor senam artistik selama Universiade Musim Panas 2021 Chengdu.

Nomor-nomor senam artistik akan diselenggarakan dari 1 hingga 5 Agustus, dengan memperebutkan total 14 medali emas.

Gimnasium ini juga akan berfungsi sebagai venue kompetisi dan tempat pemanasan untuk nomor pertandingan bola basket selama Universiade Musim Panas 2021 Chengdu.

Nomor-nomor pertandingan bola basket ini akan diselenggarakan dari 28 Juli hingga 6 Agustus, dengan memperebutkan total dua medali emas.

High-tech Zone Sports Center Gymnasium
 
   High-tech Zone Sports Center Gymnasium (Xinhua)

High-tech Zone Sports Center Gymnasium memiliki luas lantai 82.732 meter persegi, dengan satu lantai utama berukuran besar dan lima lantai di atas tanah, serta satu lantai basemen.

Disediakan satu FoP dengan 17 meja tenis meja dan satu lapangan pemanasan dengan 16 meja tenis meja. FoP-nya sendiri terletak di lantai pertama, dan ukurannya 70x40 meter.

Gimnasium ini akan berfungsi sebagai tempat pemanasan sekaligus venue kompetisi untuk nomor-nomor pertandingan tenis meja selama Universiade Musim Panas 2021 Chengdu.

Nomor-nomor pertandingan tenis meja ini akan diselenggarakan dari 29 Juli hingga 5 Agustus, dengan memperebutkan total tujuh medali emas.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023