Kediri (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kediri Kota serta panitia pelaksana pertandingan Persik Kediri mengamankan puluhan suporter saat pertandingan antara Persik Kediri melawan Arema FC dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024, di Stadion Brawijaya Kediri, Jawa Timur, Sabtu petang.

"Total sekitar 25 orang dan semua sudah dipulangkan. Kami fasilitasi kendaraan umum untuk pulang," kata Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra di Kediri.

Ia mengatakan, dalam pertandingan antara Persik Kediri melawan Arema FC ini, untuk suporter Arema tidak diberikan tiket, sehingga hanya suporter Persik Kediri yang bisa membeli tiket.

Namun, saat di pertandingan berlangsung terdapat yang diamankan. Hal itu terlihat saat pertandingan berlangsung, terdapat penonton yang merasa tidak senang jika Persik mendapatkan gol, sehingga para suporter Persik mengetahuinya.

"Jadi, sistemnya mereka perorangan dan tidak menggunakan atribut. Misalnya situasi di lapangan ada gol (Arema) senang, sehingga suporter tuan rumah tahu. Mungkin ditanya tanya, diketahui suporter tamu," kata dia.

Kapolres juga mengatakan, situasi saat ini terkendali dan semuanya berjalan dengan lancar. Kejadian dalam pertandingan Persik Kediri melawan Arema FC ini menjadi evaluasi untuk pertandingan ke depannya.

"Tiap pertandingan kami lakukan evaluasi sehingga pertandingan berikutnya akan lebih baik lagi. Tiket mungkin dikoordinator suporter, sehingga tidak ada suporter lain yang bisa memiliki tiket pertandingan tersebut," kata Kapolres.

Ia juga menambahkan, pengamanan terus dilakukan baik sebelum pertandingan mulai, saat pertandingan hingga selesai, memastikan semua berjalan aman.

"Tentunya kami siapkan rencana pengamanan, langkah-langkahnya dari prakegiatan, saat kegiatan dan pascakegiatan, tetap dilaksanakan," kata Kapolres.

Pertandingan antara Persik Kediri melawan Arema FC digelar di Stadion Brawijaya, Kediri. Tuan rumah Persik berhasil menang atas Arema FC dengan skor 5-2.

Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide mengatakan pertandingan hari ini sangat penting bagi tim, apalagi lawan yang dihadapi adalah klub sesama Jawa Timur.

"Kami memang bermain seharusnya dan hasil kali ini sangatlah penting. Tapi kita juga butuh perbaikan dan fokus target berikutnya," kata pelatih asal Brasil tersebut.

Persik berhasil menduduki peringkat sembilan dengan empat poin, sedangkan Arema FC di posisi ke-17 dengan satu poin.

Baca juga: Polisi perketat penjagaan cegah Aremania datang ke Kediri
Baca juga: Persik tambah amunisi rekrut Jefesson Viera

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023