Kerja sama juga untuk memaksimalkan penyaluran dana desa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) yang baru saja dilantik, Paiman Raharjo mengatakan ingin mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menumbuhkan perekonomian lokal sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kalau kita lihat pertumbuhan desa itu masih lambat, oleh karena itu bagaimana memaksimalkan BUMDes-BUMDes sehingga perekonomian lokal itu akan tumbuh dan berkembang sehingga bisa mendukung pertumbuhan nasional,” kata Paiman setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Paiman mengatakan saat dirinya dihubungi Istana untuk mengemban amanah sebagai Wamendes PDTT, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada dirinya untuk memperkuat Kementerian Desa (Kemendes) PDTT.

Kemendes, ujar dia, harus diperkuat untuk melaksankan kebijakan-kebijakan yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi di desa. Saat ini, kata dia, pertumbuhan ekonomi di desa-desa masih dalam kategori lambat.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo

Baca juga: Presiden Jokowi lantik lima wakil menteri baru
 

Cara menopang pertumbuhan ekonomi desa, kata dia, antara lain, dengan memaksimalkan penggunaan dana desa dan juga peran BUMDes.

“Kita perlu bersinergi, kerja sama juga untuk memaksimalkan penyaluran dana desa yang tiap tahunnya meningkat tapi di kurun waktu 2022 mengalami penurunan dari sebelumnya. Oleh karena itu bagaimana kementerian desa ini bisa membina desa-desa,” kata dia.

Paiman mengaku sudah berkomunikasi dengan Wamendes PDTT sebelumnya Budi Arie Setiadi mengenai tugas-tugas di Kemendes PDTT. Saat ini, Paiman masih menunggu Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar untuk berkoordinasi mengenai tugas-tugas ke depan. Abdul Halim saat ini masih berada di luar negeri. Adapun Budi Arie Setiadi telah bergeser posisi di Kabinet Indonesia Maju setelah dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika.

“Nanti saya akan koordinasi dengan Pak Menteri, karena Pak Menteri saat ini masih ada di luar negeri sehingga saya harus menunggu arahan dari Pak Menteri,” kata Paiman.

Sebelum menjadi Wakil Menteri, Paiman dikenal sebagai Rektor Universitass Moestopo Beragama Jakarta.

Selain melantik Paiman sebagai Wamendes PDTT, Presiden Jokowi juga melantik empat wamen baru, yakni Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Nizar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Roeslan Roesani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Saiful Rahmat menjadi Wakil Menteri Agama.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik dua anggota baru Wantimpres

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan akan lantik Menkominfo


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023