Secara keseluruhan kunjungan wisata ini naik 19,8 persen dibanding libur akhir pekan lalu.
Bantul (ANTARA) - Festival layang-layang bertajuk Jogja Internasional Kite Festival yang digelar Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, di Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kabupaten Bantul pada 15 dan 16 Juli 2023 mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke pantai selatan ini.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji, di Bantul, Senin, mengatakan total kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur akhir pekan dari 14 sampai 16 Juli malam sebanyak 39.152 orang, dengan sebanyak 26.874 berkunjung ke kawasan Pantai Parangtritis.

"Secara keseluruhan kunjungan wisata ini naik 19,8 persen dibanding libur akhir pekan lalu. Kenaikan ini dipicu selain karena libur terakhir sekolah, juga event festival layang-layang di Parangkusumo, Parangtritis," katanya lagi.

Dia menyebutkan, kunjungan wisata ke destinasi Bantul pada libur akhir pekan lalu atau dari 6 sampai 9 Juli 2023 sebanyak 32.682 orang, dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) pariwisata sebesar Rp315,5 juta.

Sementara pada libur akhir pekan terakhir yang bertepatan dengan event Dinas Pariwisata DIY tersebut, pariwisata Bantul mencatatkan kontribusi dalam penerimaan PAD sebesar Rp377,9 juta.

Ia mengatakan, akibat ribuan wisatawan memadati kawasan pantai selatan Bantul tersebut, mengakibatkan kemacetan di sepanjang Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), terutama yang berasal dari dan menuju kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Lebih lanjut, dia mengatakan, peningkatan kunjungan wisata ke Bantul tersebut juga berdampak pada jumlah kunjungan wisata periode mingguan. Tercatat kunjungan wisata ke Bantul dari tanggal 10 sampai 16 Juli sebanyak orang dengan penerimaan PAD sebesar Rp568,8 juta.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dispar DIY Kurniawan mengatakan festival layang-layang yang digelar setiap tahun di Pantai Parangkusumo Bantul tersebut, diikuti peserta dari dalam negeri maupun luar negeri. Tercatat sembilan negara yang mengikuti festival tersebut.

"Harapannya ini kan dapat menggairahkan dan mempromosikan pariwisata terutama yang ada di kawasan pantai selatan DIY," katanya lagi.
Baca juga: Festival Bali Kite Internasional pertemukan pelayang lintas negara
Baca juga: Bali International Kite Festival, PLN ajak main layangan dengan aman


Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023