Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan akan fokus bekerja untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di kementerian yang dipimpinnya.

Budi Arie mengaku saat ini dirinya tidak akan memikirkan tentang dinamika politik yang terjadi, termasuk terkait dengan Pemilu 2024.

"Kita fokus kerja, karena Pak Presiden bilang kita fokus kerja saja. kalau soal politik itu nanti masih lama, masih ada waktu empat bulan ke depan atau lima bulan ke depan, soal capres nanti saja itu sudah ada yang mengurus. Sekarang tugas kita adalah fokus kerja menyelesaikan apa yang bisa dikerjakan," kata Budi Arie di Jakarta, Senin.

Baca juga: Budi Arie Setiadi resmi terima jabatan sebagai Menkominfo

Budi Arie mengatakan terdapat berbagai tantangan yang harus diselesaikannya, mulai dari pemerataan infrastruktur digital, pengendalian terhadap platform-platform yang meresahkan masyarakat, mengembangkan ekosistem digital, hingga membangun narasi damai Pemilu 2024.

Selain itu, Presiden Jokowi, kata dia, juga akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar tidak kalah cepat dengan perkembangan TIK baik infrastruktur maupun regulasi.

Dia optimistis, dengan adanya Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria, serta dukungan dari Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, serta para Direktur Jenderal, berbagai tantangan tersebut dapat dihadapi dan diselesaikan.

"Jadi intinya kita mau di waktu yang tersisa ini kita mau maksimal menyelesaikan berbagai target-target yang sudah dicanangkan oleh Pak Presiden untuk menjadi bagian penting dari legasi pemerintahan Pak Jokowi ke depan," ucap dia.

Baca juga: Menkominfo: Perlu koordinasi antar sektor atasi medsos jadi e-commerce

Pada hari ini (Senin), Presiden Joko Widodo melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo menggantikan Johnny G Plate berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62 P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tertanggal 14 Juli 2023. 

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Presiden Jokowi memerintahkan agar Budi Arie mengutamakan untuk menyelesaikan Proyek BTS 4G Tahun 2020-2024. Proyek tersebut terkendala karena Johnny G Plate menjadi terdakwa korupsi pengadaan proyek tersebut dan diduga merugikan negara hingga Rp8,032 triliun.

"Kita akan menjalankan apa perintah Presiden, pokoknya kita akan gerak cepat semua," tekad Menkominfo baru, Budi Arie.

Baca juga: Budi Arie ingin tuntaskan proyek BTS hingga akhir jabatan

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023