Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyalurkan delapan jenis bantuan sarana produksi pertanian yang berasal dari pemerintah pusat kepada kelompok tani di wilayah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong Zulkarnain usai penyaluran bantuan yang dipusatkan di halaman Kantor Distankan Rejang Lebong, Senin, mengatakan delapan jenis bantuan yang diterima daerah itu disalurkan melalui kelompok tani dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Bantuan diberikan antara lain berupa bibit kunyit, bibit cabai, bibit kentang, benih padi biofortifikasi, benih jagung hybrida, pupuk hayati cair, bantuan bibit buah-buahan dan bantuan penyambungan kopi," kata dia.

Dia menjelaskan, bantuan sarana produksi pertanian ini disalurkan melalui kelompok tani (poktan) seperti untuk bantuan bibit kunyit dengan sasaran lahan seluas 15 hektare tersebar di Kecamatan Sindang Beliti Ilir melalui Poktan KP3A Citra Tani dan Poktan Cipta Karya Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Kemudian bantuan bibit cabai dengan sasaran lahan seluas 20 hektare diberikan kepada Poktan Maju Jaya dan Poktan Agro Jaya Tani di Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang, serta Poktan KWT Melati dan Poktan Mekar Sejati di Desa Sindang Jaya, Kecamatan Sindang Kelingi.

Sedangkan bantuan bibit kentang untuk 10 hektare diberikan kepada Poktan Sumber Manis Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang. Bantuan benih padi biofortifikasi untuk lahan seluas 300 hektare diberikan Poktan Campur Sari Desa Duku Ulu, Kecamatan Curup Timur.

Selanjutnya bantuan benih jagung hybrida seluas 150 hektare diberikan kepada Poktan KWT Maju Sejahtera Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Curup Selatan. Bantuan Pupuk Hayati Cair (PHC) untuk lahan seluas 7.054 hektare diberikan kepada Poktan Lembur Benih dan Poktan Budi Karya di Kelurahan Talang Benih, Kecamatan Curup.

Bantuan bibit buah-buahan sebanyak 450 batang terdiri dari bibit durian, manggis, dan alpukat kepada desa/kelurahan, serta bantuan penyambungan kopi unggul sebanyak 21.719 entres (tunas muda) diberikan kepada empat kelompok tani tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong Yusran Fauzi saat membagikan secara simbolis bantuan pemerintah pusat yang diterima kelompok tani di Rejang Lebong mengharapkan agar bantuan ini dapat bermanfaat dan bisa berkesinambungan serta bisa membuahkan hasil dan tidak hanya sebatas seremonial belaka.

"Bagi masyarakat yang menerima bantuan ini agar dibuatkan laporan dan hasilnya, jangan sampai bantuan ini hanya sebatas seremonial saja, karena bantuan ini harus ada pertanggungjawaban bukan hanya administrasi tetapi manfaatnya juga," tegas dia.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023