"Saya meyakini bahwa pejabat baru yang telah ditunjuk oleh pimpinan adalah orang yang mempunyai integritas, memiliki karakter kuat, visioner dan mampu menerapkan tindakan kreatif serta inovatif di lingkungan kerja masing masing,"
Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan serah terima jabatan (Sertijab) kepada lima pejabat utama (PJU) diantaranya, Irwasda Maluku, Karo Logistik, Kabid Dokkes serta pelantikan Karo Rena, dan Direktur Narkoba Polda Maluku.

Lima pejabat utama Polda Maluku itu menjalani sertijab sekaligus dilantik di gedung Sport Center, Markas Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

Rotasi jabatan tersebut dilakukan berdasarkan surat telegram Kapolri nomor: ST/1394/VI/KEP/2023, tertanggal 24 Juni 2023.

"Saya meyakini bahwa pejabat baru yang telah ditunjuk oleh pimpinan adalah orang yang mempunyai integritas, memiliki karakter kuat, visioner dan mampu menerapkan tindakan kreatif serta inovatif di lingkungan kerja masing masing," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, di Ambon, Senin.

Kapolda mengaku, sertijab merupakan hal yang wajar sebagai suatu kebutuhan organisasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Polri.

“Sertijab juga merupakan salah satu upaya pembinaan karier sekaligus promosi jabatan bagi setiap anggota Polri yang dinilai berhasil atau berprestasi oleh pimpinan Polri dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Dengan adanya sertijab maka kontinuitas terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan akan berjalan secara efektif dan terjadi peningkatan kualitas kinerja kesatuan baik dalam bidang pembinaan maupun operasional.

Irjen Latif berharap kepada para pejabat baru agar bisa menjadi teladan bagi bawahannya. Sebab, teladan memegang peranan penting karena akan menjadi magnet terhadap bawahan.

Para pejabat yang baru disertijab dan dilantik juga diharapkan mampu mengemban dan menjalankan amanah sebaik-baiknya dengan menjabarkan waktu disiplin, dedikasi dan prestasi.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini selaku pribadi dan pimpinan Polda Maluku, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi, pengabdian dan loyalitas yang telah diberikan selama ini,” ucap Kapolda.

Diketahui, Irwasda Maluku Kombes Pol Janus Parlindungan Siregar dirotasi dengan jabatan yang sama di Polda Jambi. Penggantinya yakni Kombes Pol Marthin Luther Hutagaol, yang sebelumnya menjabat Irwasda Polda Maluku Utara.

Karo Logistik Kombes Pol Chairul Aziz. Ia dirotasi sebagai Karolog di Polda Jawa Timur. Penggantinya yaitu Kombes Pol Ary Donny Setiawan, yang sebelumnya menjabat Karolog Polda Maluku Utara.

Sementara Direktur Narkoba, Kombes Pol Victor Sahat Parulian Siagiaan dirotasi ke Pamen Baintelkam Polri untuk ditugaskan pada Badan Intelegen Negera (BIN). Penggantinya sebagai Dirresnarkoba Polda Maluku yaitu AKBP Heri Budianto, yang sebelumnya sebagai Wakapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Untuk Karo Rena, Kombes Pol Widoni Fedri dirotasi sebagai analis kebijakan madya bidang Watpers SSDM Polri. Penggantinya yaitu Donny Sabardi Halomon Damanik, yang sebelumnya menjabat analis kebijakan madya bidang Pamobvit Baharkam Polri.

Sedangkan Kabid Dokkes Polda Maluku, Kombes Pol dr. Aris Sukarno, diangkat sebagai Kepala Rumah Sakit Bhayangkara tingkat II Surabaya, Biddokkes Polda Jawa Timur. Penggantinya yaitu AKBP dr. Bambang Prasetya, yang sebelumnya menjabat sebagai Karumkit tingkat III Bhayangkara Banjarmasin, Biddokkes Polda Kalimantan Selatan.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023