Kami tidak membuat banyak kemajuan dengan masalah restrukturisasi utang
Gandhinagar, India (ANTARA) - Pembicaraan restrukturisasi utang membuat sedikit kemajuan selama pertemuan keuangan ketiga negara-negara G20 di India karena blok tersebut tidak dapat mengatasi perbedaan utama dan kehadiran yang rendah karena masalah domestik menambah hambatan.

Para menteri keuangan dari negara-negara G20 berkumpul di negara bagian Gujarat, India barat, berharap untuk mendorong kesepakatan restrukturisasi utang bagi negara-negara yang rentan, pajak minimum global dan reformasi bank pembangunan multilateral.

"Kami tidak membuat banyak kemajuan dengan masalah restrukturisasi utang," kata seorang pejabat senior, yang menjadi bagian dari pertemuan itu, kepada Reuters, Senin (17/7/2023).

Bulan lalu, Zambia mencapai kesepakatan untuk merestrukturisasi utang 6,3 miliar dolar AS kepada pemerintah di luar negeri, yang dipandang sebagai terobosan bagi negara-negara berutang di seluruh dunia yang telah menghadapi negosiasi panjang dengan kreditur mereka.

Tetapi negara-negara tidak setuju untuk menggunakan Zambia sebagai model untuk restrukturisasi lain dan sebagian besar tetap tidak mau berbicara tentang pinjaman baru ke negara-negara yang rentan karena banyak negara anggota G20 menghadapi tantangan ekonomi di dalam negeri, kata pejabat itu.

Menteri dari banyak negara memilih untuk melewatkan pertemuan tersebut, yang menambah lambatnya kemajuan dalam masalah ini, kata seorang pejabat kedua, menambahkan bahwa 13 menteri keuangan menghadiri acara tersebut. Amerika Serikat telah mengirimkan delegasi terbesar, yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Janet Yellen, ke pertemuan tersebut.

Pertemuan dua hari yang dimulai pada Senin (17/7/2023) dipandang sebagai kunci untuk mengatur nada buat KTT para pemimpin G20 pada September di New Delhi.

Para pejabat mengatakan beberapa menteri keuangan terpaksa melewatkan pertemuan karena masalah domestik yang menjadi "prioritas".

"Ini mungkin telah menghambat kemampuan pengambilan keputusan blok dalam pertemuan ini dan memperlambat kemajuan dalam membangun konsensus tentang masalah apa pun," kata seorang pejabat ketiga, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Menteri keuangan dari Jepang, Australia, Kanada, Indonesia, Korea Selatan, Afrika Selatan, serta Amerika Serikat dan India hadir.

Argentina, Brasil, Prancis, dan Meksiko hanya mengirimkan pejabat tingkat junior, tambah sumber.

Menteri Jerman dan Inggris tidak menghadiri pertemuan tersebut. Namun, kepala bank sentral Jerman Joachim Nagel hadir.

Para pejabat tidak ingin diidentifikasi karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media. Kementerian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri India tidak segera menanggapi email yang meminta komentar.

Argentina menghadapi inflasi yang sangat tinggi dan pertumbuhan yang rendah, sementara dalam beberapa pekan terakhir Prancis berjuang keras untuk menahan kerusuhan yang dipicu oleh pembunuhan seorang remaja di pinggiran kota Paris. Jerman juga terkena resesi.

"Dengan tidak adanya perwakilan menteri, pejabat yang membuat perwakilan sering menyatakan bahwa mereka harus kembali dan berkonsultasi dengan menteri mereka sebelum menyelesaikan pendirian mereka," kata seorang pejabat.

Baca juga: Kepala keuangan G20 bahas reformasi bank pembangunan, kripto, utang
Baca juga: OECD: PDB negara G20 tumbuh 0,9 persen di kuartal pertama 2023
Baca juga: Sherpa G20 dorong realisasi konsensus Leader's Declaration di KTT 2023

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023