Buenos Aires (ANTARA News) - Paus Fransiskus mengejutkan umat Katolik yang menungguinya sepanjang malam untuk mengikuti misa pelantikannya, setelah melakukan panggilan telepon dari Vatikan ke katedral Buenos Aires di mana dia pernah menjadi uskup agung.

Paus pertama dari Amerika Latin yang dilantik Selasa ini dalam misa di Lapangan Basilika Santo Petrus yang dihadiri sekitar 200 ribu orang itu menyerukan pembelaan kepada kaum lemah dan lingkungan.

Pada jam-jam sebelum Misa Pelantikan dimulai, ribuan orang berkumpul mengeliligi banyak layar televisi raksasa yang dibangun di pusat Lapangan Plaza de Mayo yang menghadap katedral dan istana kepresidenan warna merah muda nan terkenal di Argentina.

Dalam pesan via telepon pukul 3.30 dini hari waktu setempat, Fransiskus berterimakah kepada para pendoanya itu.

"Terimakasih untuk doanya, untuk doa Anda semua yang sangat saya butuhkan," kata dia . "Saya ingin memohon pada Anda semua agar kita berjalan bersama, saling menjaga, menjaga kehidupan, menjaga keluarga, menjaga alam."

"Jangan lupakan uskup ini yang meski jauh, sangat mempedulikan Anda semua," kata Paus yang mengambil namanya dari Santo Fransiskus dari Assisi yang merupakan simbol kemiskinan, kesederhanan, amal dan cinta pada alam.

Dikenal suka menumpang bus dan menolak kemewahan di katedral tempat kerjanya, sewaktu di Buenos Aires, Fransiskus memilih tinggal di sebuah apartemen sederhana di depan katedral dan besar dari keluarga kelas menengah.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013