Jakarta (ANTARA) - Perusahaan kosmetik berbasis halal Paragon Technology and Innovation berhasil meraih peringkat 1 (Titanium) dalam ajang “Environment Award 2023” yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Melalui siaran persnya, Selasa (18/7), penghargaan tersebut diraih atas prestasi Paragon sebagai perusahaan yang menerapkan keberlanjutan lingkungan untuk kategori “Industri Kosmetik Penanaman Modal Dalam Negeri.” Kepala BPOM Dr. Penny K. Lukito, MCP mengatakan acara penghargaan yang pertama kali diadakan BPOM tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan dalam mengembangkan dan menegakkan regulasi industri obat serta makanan.

“Produk-produk, seperti obat dan makanan ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga pada lingkungan,” kata Penny.

Baca juga: LPPOM MUI ingatkan kosmetik vegan belum tentu otomatis halal

Pemimpin Group Paragon Corp Harman Subakat menyambut apresiasi yang diberikan BPOM RI terhadap mereka. Baginya, pencapaian tersebut dapat menjadi semangat keberlanjutan untuk terus membuat inovasi produk dan memelihara bumi serta menjaga lingkungan.

“Ini merupakan bukti bahwa apa yang Paragon lakukan selama ini betul-betul sesuai dengan visi misi kami untuk ikut memelihara bumi,” kata Harman.

Sebelumnya, Kepala BPOM RI dan tim telah melakukan penjurian secara langsung di perusahaan Paragon pada 16 Juli 3023. Beberapa agenda yang dilakukan, yakni presentasi dari Pemimpin Paragon oleh Harman Subakat terkait inisiatif dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, kunjungan tempat secara langsung di unit pengelolaan lingkungan yang sudah diterapkan berupa pengolahan limbah cair, pemakaian panel solar, serta daur ulang produk kemasan yang digunakan.

Baca juga: PPAK perkenalkan Indonesia penghasil kosmetik halal di mancanegara
Baca juga: IPB dukung Perpres Sertifikasi Halal meluas bukan hanya untuk makanan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023