seluruh jamaah haji dari kloter 15 ini, dalam keadaan sehat
Medan (ANTARA) - Sebanyak 349 haji yang tergabung di dalam kelompok terbang (kloter) 15 asal Sumatera Utara tiba di Asrama Haji Medan, Rabu (19/7) sekira pukul 12.17 WIB.

Jamaah haji kloter 15 itu terdiri atas 341 orang dari Kota Medan, tiga orang dari petugas daerah PHD Kota Tanjung Balai dan PHD Kota Medan, dan lima orang petugas pusat TPHI dan TKHI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi Nasution mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji kloter 15 dari daerah Kota Medan.

Ia menyebutkan rombongan jamaah haji kloter 15 ini, seluruhnya berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara, dan tidak ada bergabung dengan jamaah haji dari daerah lain.

"Seluruh jamaah haji dari kloter 15 ini, dalam keadaan sehat dan penuh ceria setelah tiba di tanah air, usai menunaikan ibadah haji dari tanah suci Mekkah," ucapnya.

Baca juga: 326 jamaah haji Kloter 9 Kabupaten Labuhan Batu telah tiba di Medan
Baca juga: 357 haji Kloter 7 Sumut tiba di Medan


Qosbi berharap kepada jamaah haji yang kembali ke tanah air ini, dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik dan semakin meningkat, seperti yang dilaksanakan saat di Mekkah.

Kemudian jamaah haji dapat menjaga nama baik di tengah-tengah masyarakat, baik ucapan dan tingkah laku sehari-hari.

"Semoga haji mabrur yang dicapai di tanah suci Mekkah, dapat bermanfaat bagi jamaah haji kloter 15 asal Kota Medan," katanya.

Sementara itu, empat orang jamaah kloter 15 mutasi keluar atas nama Johansyah Utuh Amran, nomor manifes 299 (wafat), Ishak bin Kamsah, nomor manifes 310 (sakit), Agung Wahyudhi Admanegara, nomor manifes 232 (pindah ke kloter 04), dan Erlina Rusli Hamid, nomor manifes 233 (pindah ke kloter 04).

Sedangkan, mutasi masuk ke kloter 14, tidak ada. Jumlah berangkat 353 orang dan jumlah kembali 349 orang.

Baca juga: Jamaah haji asal Sumut wafat di Mekkah sudah 27 orang 
Baca juga: PPIH: Pencarian seorang haji hilang diperluas sampai Madinah
Baca juga: Arab Saudi tunda kepulangan seorang haji Sumbar karena sakit

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023