Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak tujuh rumah tinggal di lokasi padat penduduk di Jalan Batu Raya I RT/RW 06/14, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, terbakar diduga akibat arus pendek listrik (korsleting) pada Kamis pagi.
 
“Dugaan penyebab kebakaran 'korsleting' listrik,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan Syamsul Huda dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.
 
Syamsul mengatakan, pihaknya mengetahui kebakaran ini setelah ada warga yang melapor sekitar pukul 03.05 WIB.
 
“Salah satu saksi Sais mendengar teriakan dari saksi lainnya Unang bahwa ada api dari plafon rumahnya. Ketika disadari api sudah membesar. Kemudian Unang langsung berlari untuk melaporkan kepada ketua RT 06 RW 14,” ujar Syamsul.

Baca juga: Sebuah bedeng berisi ban vulkanisir di Cakung ludes terbakar
Baca juga: 80 personel Gulkarmat Jaksel padamkan kebakaran rumah di Setiabudi

 
Sejumlah petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan saat melakukan pemadaman api yang menghanguskan tujuh rumah semi permanen di Jalan Batu Raya I RT/RW 06/14, Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2023). ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan
Kemudian tim langsung mengerahkan sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran beserta 60 personel untuk memadamkan api yang melalap bangunan seluas 625 meter persegi (m2).
 
“Tim tiba sekitar pukul 03.15 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.50 WIB,” kata Syamsul.
 
Dalam kebakaran ini tidak terdapat korban jiwa. Namun akibat kebakaran ini sebanyak tujuh rumah tersebut 41 jiwa terdampak.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023