"Organisasi ini memiliki jejak rekam sejarah yang sangat bagus juga, baik buat agama dan negara. Sehingga, AlKhairaat bisa disejajarkan sebagai organisasi Islam tingkat nasional, sejajar dengan NU dan Muhammadiyah, yang muncul dari Indonesia Timur,"
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad berharap agar organisasi Islam Alkhairaat dapat menjadi organisasi Islam dari Indonesia Timur yang menjadi sebesar Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

"Organisasi ini memiliki jejak rekam sejarah yang sangat bagus juga, baik buat agama dan negara. Sehingga, AlKhairaat bisa disejajarkan sebagai organisasi Islam tingkat nasional, sejajar dengan NU dan Muhammadiyah, yang muncul dari Indonesia Timur," ujar Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam acara Pembukaan Rapimnas Al-Khairaat Se-Indonesia 2023, di Aula Pertemuan Asrama Haji, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (19/7).

Fadel Muhammad menjelaskan Alkhairaat sejak pertama kali didirikan di Palu pada tahun 1930, seorang ulama besar Al' Alimul 'Allamah sayyid Idrus bin Salim Al Jufri, berorientasi kepada bidang pendidikan dan tetap konsisten hingga sekarang.

Banyak sudah lembaga pendidikan yang didedikasikan untuk rakyat mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

"Melihat peran besarnya bagi pendidikan umat masyarakat, terutama generasi muda, baik dari sisi agama maupun dari sisi peningkatan intelektualitas, saya rasa AlKhairaat bisa mendapatkan perhatian dan dukungan yang besar dari pemerintah baik pusat dan daerah," ujar mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini.

Fadel mengatakan perhatian dan dukungan dari pemerintah kepada AlKhairaat dikarenakan AlKhairaat merupakan asset bangsa yang harus dijaga, agar terus eksis dan tetap menjaga kualitas perjalanan bangsa Indonesia ke depan.

"Untuk AlKhairaat sendiri, saya dorong agar terus meningkatkan kualitas materi belajar dan mengajarnya, dan juga kesejahteraan tenaga-tenaga pendidiknya. Sehingga lembaga pendidikan AlKhairaat tetap terjaga kualitasnya, serta tetap menjadi tujuan besar generasi muda Indonesia dalam menuntut ilmu," ucapnya.

Hadir dalam acara yang mengusung tema 'Reorientasi Dan Sinergitas Menuju AlKhairaat Yang Progresif, Kuat Dan Mandiri' ini antara lain, Ketua Utama Alkhairaat Habib Syaikh Alwi Bin Saggaf Aljufri, Sekdaprov Gorontalo Budiyanto Sidiki, Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo HM. Muflih B. Fatah, Ketua MUI Kota Gorontalo KH. Abdul Muin Mooduto, Forkopimda Provinsi Gorontalo, serta para Pimpinan Komisariat Daerah (Komda) AlKhairaat seluruh Indonesia.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023