Ambon (ANTARA) - Sebanyak 16 pramuka Kwarda Maluku mengikuti jambore tingkat dunia atau 25th World Scout Jambore 2023 di Saemangeum, Jeollabuk-do, Korea Selatan (Korsel).

"Ada sebanyak 16 pramuka Maluku yang akan mengikuti kegiatan tersebut pada 1-12 Agustus 2023," kata Sekretaris Kwarda Maluku Saiful Al Maskati di Ambon, Kamis.

Dijelaskannya, 16 pramuka tersebut dibagi atas dua kelompok anggota terbaik berdasarkan jenis kelamin.

"Ada delapan anggota putra dan delapan anggota putri terbaik dari Maluku yang bakal dikirimkan mengikuti jambore tersebut," katanya.

Baca juga: Menpora: Lebih 1.700 anggota Pramuka Indonesia akan ke Jambore Dunia

Baca juga: Pramuka Kudus kirimkan 7 anggota ikuti jambore dunia di Korea Selatan
Ketua Kwarda Maluku Widya Pratiwi (Antara/DedyAzis)


Pramuka terbaik asal Provinsi Maluku tersebut akan dilepas pada 25 Juli 2023 untuk berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan perwakilan provinsi lainnya menuju Negeri Ginseng.

Mereka akan bergabung dengan ribuan anggota Pramuka dari seluruh Indonesia guna mengikuti Jambore Dunia. Indonesia akan mengikutsertakan 1.700 anggota Pramuka pada jambore yang diikuti 25 negara.

Sebelumnya pada musyawarah daerah Kwarda Maluku yang bertema Optimalisasi Peran Gerakan Pramuka Kwarda Maluku menghadapi Era Society 5.0, Ketua Kwarda Maluku Widya Pratiwi mengatakan untuk solidnya kerjasama serta lancarnya komunikasi dan koordinasi, dia memohon dukungan terkait kerjasamanya demi keberhasilan perwakilan Indonesia pada jambore tersebut.

“Alhamdulillah, kegiatan Kwarda selama ini selalu saya ikuti dan akan terus saya dukung kakak-kakak semua demi memastikan generasi muda di Maluku bisa lebih baik, karakter mental, kepribadian melalui pembinaan kepramukaan,” ujarnya.

Widya juga mengungkapkan, terkait pelaksanaan program kerja yang dirumuskan pada Rakerda 2022 telah berjalan baik.

“Kita patut bersyukur program kerja yang kita rumuskan di Rakerda 2022 yang merupakan tanggung jawab kita di Kwarda, dapat terlaksana dengan baik. Selain itu pelaksanaan Muscab pada 9 Kwarcab telah dilaksanakan dan tersisa dua Kwarcab saja yang belum, yakni Kabupaten SBB dan KKT,” ujarnya.*

Baca juga: Kwarcab Sleman ikut Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Baca juga: Pramuka Kota Semarang kirim delegasi ke Jambore Dunia 2023

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023