Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggelar National Cooperative Summit 2023 untuk menggelorakan semangat berkoperasi yang diadakan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, pada 20-22 Juli.

"Koperasi adalah soko guru ekonomi nasional. Maka inilah saatnya koperasi digelorakan kembali agar kemandirian dan kedaulatan bangsa tercapai. Salah satunya melalui Gerakan Revolusi Mental Berkoperasi lewat dunia pendidikan," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Muhadjir mengatakan pamor koperasi di kalangan generasi muda kurang bersinar pada dewasa ini. Banyak anak-anak muda yang justru tidak mengenal konsep perekonomian koperasi.

Padahal, kata dia, populasi generasi milenial, generasi Z, dan generasi post gen Z mencapai 64,69 persen dari total 270,20 juta jiwa penduduk Indonesia. Tentu angka tersebut menjadi potensi besar sebagai penggerak ekonomi kerakyatan koperasi.

"Untuk itu dibutuhkan literasi koperasi di dunia pendidikan dan sekolah. Upaya tersebut sekaligus menyemai generasi masa depan berkesadaran mengenai koperasi dan penanaman karakter enterpreneurship, kewirausahaan, dilakukan secara partisipatif," katanya.

Kegiatan National Cooperative Summit 2023 ini diikuti 1.300 orang dan diisi dengan berbagai macam kegiatan, salah satunya yakni Expo Koperasi Siswa Terpilih di Indonesia.


Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat melakukan transformasi nilai hijrah

Dalam Expo Koperasi terdapat pelatihan koperasi sekolah oleh Kemenkop UKM RI untuk memberikan edukasi sekaligus tindak lanjut revitalisasi Gerakan Bangga Berkoperasi melalui koperasi siswa di sekolah.

Selain itu, ada seminar revitalisasi koperasi sekolah yang akan dibuka Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

Serangkaian paparan mengenai pentingnya koperasi di sekolah dan madrasah juga akan digelar dengan menghadirkan Koperasi Ponpes Al Ittifaq, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII), dan Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM).

Panitia juga menghadirkan inspirasi koperasi sekolah dari Natcco Filipina (Mark Edieson Matias, Teresa Paula & Hazel Ann Lenida).

Pada sesi terakhir akan dilaksanakan dialog bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, sekaligus menutup seluruh rangkaian acara National Cooperative Summit 2023.


Baca juga: Menko PMK hadiri gala premiere film JSS dari Kalsel

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023