Banyaknya permintaan aspal khususnya di wilayah Sulawesi, menjadi dasar Kalla Aspal melayani permintaan umum.
Makassar (ANTARA) - Kalla Aspal sebagai salah satu unit bisnis KALLA yang merupakan agen aspal curah, fokus melakukan ekspansi perluasan coverage area ke Cilegon, Banten hingga melakukan pengembangan produk terbaru, selain memasarkan produk aspal minyak.

Chief Operation Officer (COO) Kalla Aspal Burhanuddin Lestim, di Makassar, Kamis, mengatakan Terminal Aspal Curah (TAC) Parepare merupakan terminal pertama yang dimiliki oleh Kalla Aspal.

Awalnya, TAC Parepare hadir untuk memenuhi kebutuhan bahan baku Bumi Karsa yang juga salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh KALLA.

"Namun banyaknya permintaan aspal khususnya pada wilayah Sulawesi, hal tersebut menjadi dasar Kalla Aspal melayani permintaan untuk khalayak umum," ujarnya.

Kalla Aspal telah memiliki 13 TAC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya berada di Kota Parepare, Palu, Banjarmasin, Samarinda, Kendari, Gorontalo, Mamuju, Sorong, Jayapura, Bulungan, Luwuk, Lombok, dan Pontianak.

Sedangkan berdasarkan jarak dari TAC, pasar yang dapat dijangkau idealnya adalah maksimal 300 km, sehingga provinsi yang masuk potensi pasar yang ditarget di antaranya Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Ia menjelaskan performance revenue Kalla Aspal di semester I tahun ini mengalami peningkatan, jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Aktual pertumbuhan revenue dari 2022 ke 2023 pada semester I sebesar 40,4 persen. Sementara itu, pencapaian Kalla Aspal terhadap target semester I mencapai 105 persen.

Sedangkan produk yang dikembangkan yakni aspal emulsi. Aspal emulsi yang diproduksi oleh Kalla Aspal ada dua jenis, di antaranya Tack Coat dan Prime Coat.

Burhanuddin menjelaskan jenis aspal Emulsi tersebut menjadi fokus produksi Kalla Aspal, sebab jenis ini yang dominan dicari dan digunakan di wilayah Indonesia Timur oleh customer jenis Tack Coat dan Prime Coat.

Pengembangan produk ini, kata Burhanuddin lagi, awalnya melihat adanya peluang pasar pada salah satu wilayah TAC Kalla Aspal, yakni di Kalimantan. Sebab kurangnya supplier Aspal Emulsi di wilayah tersebut, sehingga hal ini menjadi salah satu pendorong bagi Kalla Aspal memanfaatkan kondisi itu.

Kalla Aspal senantiasa hadir menjadi perusahaan agen aspal curah terbaik bukan hanya di Kawasan Timur Indonesia, namun juga secara kancah nasional, dengan memberikan pelayanan yang optimal.

Terbukti dari prestasi yang membanggakan ditorehkan Kalla Aspal dalam setiap acara yang dilaksanakan oleh Pertamina Patraniaga.

Tahun ini Kalla Aspal berhasil meraih beberapa penghargaan atas pencapaiannya di tahun 2022, di antaranya 1st SAC 2022 Wilayah Kalsel-Kalteng, 1st SAC 2022 Wilayah Kaltim-Kaltara, 2nd SAC 2022 Wilayah Kaltim-Kaltara, 1st SAC 2022 Wilayah Kalbar, dan 2nd SAC 2022 Wilayah Kalbar, 1st Best Asphalt Curah Kapal Distributor 2022.
Baca juga: KALLA raih penghargaan Best Companies To Work For In Asia 2023
Baca juga: Program Kampung Hijau Energi Kalla raih penghargaan NCSR Award 2023

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023