Situbondo (ANTARA) - Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari Kompi 3 Batalyon B, Pelopor Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Jatim evakuasi granat nanas yang ditemukan di pekarangan warga Situbondo, Jawa Timur, Kamis (20/7) malam.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Situbondo Kompol Agus Widodo mengemukakan bahwa kepolisian setempat sengaja mendatangkan dan meminta bantuan Tim Jihandak Satuan Brimob Polda Jatim setelah mendapatkan informasi penemuan granat nanas di kandang sapi warga Desa Talkandang, Kecamatan Situbondo.

"Granat nanas tersebut ditemukan oleh warga atas nama Santoso (63) warga Desa Talkandang, pada saat yang bersangkutan menggali tanah untuk memasang tiang patok mengikat sapi di belakang rumahnya," kata Kompol Agus di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Dia menceritakan, semula Santoso tidak menghiraukan saat menemukan benda mirip granat nanas tersebut, sehingga saat itu langsung dibuang ke sekitar kandang sapi di belakang rumahnya.

Karena khawatir, Santoso yang menemukan granat nanas tersebut menyampaikan ke tetangganya dan selanjutnya melaporkan ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

"Setelah mendapatkan laporan penemuan granat tersebut, kami dari Polres melakukan pengamanan lokasi dengan menerjunkan personel Satsamapta dan Polsek Situbondo Kota memasang garis polisi di lokasi ditemukannya bahan peledak jenis granat nanas tersebut," kata Kompol Agus.

Sekitar pukul 20.15 WIB Tim Jihandak dari Kompi 3 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim tiba dilokasi dan mengevakuasi granat nanas dan dibawa menggunakan kendaraan taktis ke Mako Brimob di Tenggarang Bondowoso untuk diamankan dan menunggu proses pemusnahan.

"Alhamdulillah granat nanas sudah dievakuasi oleh Tim Jihandak Brimob dan dibawa ke Markas Brimob kompi 3 Batalyon B Pelopor Tenggarang, Bondowoso. Rencananya akan segera dilakukan pemusnahan," kata Agus.
Baca juga: Tim Jibom Brimob musnahkan granat temuan warga di Aceh Tamiang
Baca juga: Granat aktif ditemukan di pemukiman warga Batu Ampar
Baca juga: Polisi evakuasi granat temuan warga di Tangerang
Baca juga: Polisi mengamankan lokasi penemuan granat manggis di Medan
Baca juga: Sebuah granat nanas ditemukan di Balai Kota Surabaya

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023