Acara 1 Dekade Festival Al A'zhom berlangsung mulai tanggal 18 hingga 30 Juli 2023 di kawasan Masjid Raya Azl Azhom
Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Provinsi Banten mengerahkan 50 petugas kebersihan untuk melakukan pengangkutan dan penyapuan sampah di sekitar kawasan kegiatan peringatan 1 Dekade Festival Al-Azhom.

"Sebanyak 50 petugas itu di antaranya 40 petugas penyapu dan 10 lainnya adalah operator armada bentor (becak motor)," kata Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian di Tangerang Jumat.

Selain itu, DLH juga menyediakan 10 unit troli dan 10 unit tongbin serta satu unit Byson yang dioperasikan di setiap malamnya.

"Jadi ketika acara selesai, petugas langsung melakukan pembersihan," katanya.

Ia menjelaskan acara 1 Dekade Festival Al A'zhom berlangsung mulai tanggal 18 hingga 30 Juli 2023 di kawasan Masjid Raya Azl Azhom.

Ia menambahkan 40 petugas kebersihan atau penyapu dikerahkan dengan pembagian dua shift, yakni siang dan malam. Sehingga, dalam hal ini dipastikan petugas kebersihan DLH selalu siaga dilokasi 1 Dekade Festival Al A'zhom.

"Tak hanya membersihkan atau mengangkut sampah. Diharapkan, petugas yang dikerahkan sepanjang Festival Al A'zhom dapat ikut mengedukasi atau mengajak pengunjung untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan," katanya.

Ia mengakui tumpukan sampah lebih banyak di waktu sore menjelang malam hari karena pengunjung Taman Elektrik yang diketahui setiap harinya selalu ramai, kini bertambah berkali lipat dengan kunjungan 1 Dekade Festival Al A'zhom.

Oleh karena itu, para petugas kebersihan ditugaskan untuk sigap dan terus berkeliling ke seluruh titik festival, untuk membersihkan atau memastikan kebersihan di setiap sudut Masjid Al A'zhom atau sekitar Taman Elektrik, Puspem Kota Tangerang.

"Kami tetap mengimbau seluruh masyarakat atau pengunjung, untuk bekerjasama dalam menjaga kebersihan. Usahakan membawa kantong belanjaan sendiri, dan tidak membuang sampah sembarangan. Gunakan seluruh fasilitas yang disediakan, untuk kenyamanan kita bersama," demikian Tihar Sopian.

Baca juga: Pameran Artefak Rasulullah magnet pengunjung di Festival Al Azhom

Baca juga: Masjid Raya Al-Azhom gelar Festival Ramadhan dan buka Studi Islam

Baca juga: Al Quran raksasa hingga swafoto 3D di Festival Al Azhom

Baca juga: Enam negara bersaing di MTQ Antara Bangsa Festival Al Azhom

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023